Gelapkan Dana, Trader Nakal Goldman Diseret ke Pengadilan

Gelapkan Dana, Trader Nakal Goldman Diseret ke Pengadilan

Jum'at, 09 November 2012 12:00:51 WIB

Monexnews - Otoritas perdagangan berjangka Amerika Serikat (CFTC) resmi menggugat mantan trader Goldman Sachs (GS) atas kasus penyelewengan dana senilai $118 juta (atau setara 1,13 triliun).

Trader bernama Matthew Marshall Taylor itu diduga menggelapkan dana kelolaan perusahaannya dengan modus transaksi fiktif dan pengambilan posisi palsu. Dalam laporan yang terdaftar di pengadilan distrik Manhattan, CFTC mengklaim bahwa Taylor secara manual melakukan eksekusi palsu di bulan November dan Desember 2007. Upaya tersebut dilakukan guna menutupi pengambilan posisi di kontrak berjangka senilai $8,3 juta.

Selama skema penggelapan berjalan, jumlah dana yang diputarnya mencapai $118,44 juta. "Dengan cara merancang transaksi fiktif dan menyamarkan pengambilan posisi, tersangka terbukti melakukan penggelapan," demikian bunyi tuntutan. Akibat perbuatannya, sistem internal perusahaan tidak mencantumkan ukuran posisi kontrak mini yang dikelola Taylor sebagaimana mestinya.

CFTC menuntut hukuman denda $130.000 dan tidak menyebut nama Goldman dalam poin gugatannya. Otoritas hanya menyebut bahwa selama proses kejahatannya itu, Taylor bekerja untuk 'sebuah perusahaan berjangka besar'. Financial Industry Regulatory Authority, pengawas pialang Wall Street, menyatakan bahwa yang bersangkutan sudah dipecat pada Desember 2007 atas tuduhan penyimpangan dalam pengambilan posisi di account perusahaan. Juru bicara Goldman juga menegaskan bahwa pihaknya sudah memecat Taylor setelah kasus itu diketahui direksi. Namun aksinya itu tidak mempengaruhi dana simpanan nasabah yang dikelola Goldman. "Si trader memberikan penjelasan palsu ketika ditanya tentang kejanggalan dalam account yang dikelolanya pada tanggal 14 Desember 2007," ujar juru bicara Goldman, Tiffany Galvin. Saham Goldman Sachs (GS) semalam ditutup pada level $115.27 (-2.30% ).

(dim)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search