IEA: OPEC Akan Bentuk Kebijakan Baru Terkait Meningkatnya Produksi Minyak di AS

IEA: OPEC Akan Bentuk Kebijakan Baru Terkait Meningkatnya Produksi Minyak di AS

Selasa, 13 Februari 2018 17:03:10 WIB

Dalam laporan bulanan International Energy Agency (IEA) yang baru saja dirilis pukul 16.00 WIB tadi menyebutkan bahwa OPEC dapat melakukan perubahan kebijakan terkait meningkatnya produksi minyak di AS.

"Produsen di AS menikmati pertumbuhan yang sangat luar biasa di gelombang kedua di tahun 2018 ini sehingga peningkatan produksi mereka dapat menyamai pertumbuhan permintaan minyak global," IEA dalam laporan tertulisnya.

IEA menambahkan, kondisi ini merupakan hal yang patut ditanggapi secara serius karena dianggap mengancam komitmen negara OPEC dan Rusia untuk pembatasan produksi minyak yang dimulai sejak Januari 2017 dan masih akan berlanjut hingga 2018. Ini karena produksi minyak shale di AS memanfaatkan kondisi pasar yang membuat harga minyak mentah naik hingga 50% sejak pertengahan tahun lalu.

Dalam tiga bulan terakhir, terhitung dari November 2017, EIA mencatat produksi minyak di AS meningkat secara mengejutkan hingga 846.000 barel per hari. Angka ini cukup untuk mengalahkan jumlah produksi minyak dari Arab Saudi bahkan Rusia.

Pukul 16.57 WIB, minyak mentah diperdagangkan di level $59.12 per barel setelah semalam mencapai level tertinggi harian di level $60.81 per barel.

(dny)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search