Aussie Lewati 0.8000, Capai Level tertinggi 3 Bulan

Aussie Lewati 0.8000, Capai Level tertinggi 3 Bulan

Rabu, 29 April 2015 05:25:10 WIB

Monexnews - Naikknya harga bijih besi memberikan sentimen positif bagi nilai tukar dollar Australia atauu aussie. Kemerosotan harga bijih besi sebelumnya menjadi salah satu faktor yang membuat aussie terus melemah. Sementara itu, naiknya harga bijih besi juga memicu spekulasi bank sentral Australia tidak akan memangkas suku bunga pada rapat kebijakan moneter pekan depan.

Sebaliknya dollar AS saat ini sedang dibayang-bayangi sentimen negatif jelang rilis data produk domestik bruto hari ini, serta hasil rapat kebijakan moneter Federal Reserve pada Kamis dini hari waktu Indonesia. Setelah serangkaian data buruk pada pekan lalu, data yang dirilis pada hari Selasa kembali memberikan tekanan bagi dollar. Conference Board melaporkan indeks kepercayaan konsumen turunke level terendah empat bulan, sebesar 95,2, dari bulan lalu sebesar 101,4, dan mematahkan ekspektasi kenakian menjadi 102,6. Penurunan tersebut terjadi akibat warga Amerika menilai menurunnya kondisi pasar tenaga kerja dan perekonomian.

Akibat kedua situasi tersebut, aussie berhasil menguat tajam terhadap dollar pada perdagangan Selasa, menembus di atas level 0.8000 untuk pertama kalinya sejak 28 Januari lalu, dan berada pada level tertinggi 3 bulan. AUDUSD ditutup pada level 0.8023, dengan level terendah harian 0.7832.

Namun aussie masih terlihat rapuh akibat potensi perbedaan kebijakan moneter antara bank sentral AS dan Australia. Meski data-data ekonomi AS belakangan ini menunjukkan melambatnya ekonomi terbesar di dunia tersebut, namun The Fed masih berada pada jalur untuk menaikkan suku bunga di tahun ini, sementara sebaliknya bank sentral Australia (RBA) masih berpeluang kembali menurunkan suku bunga untuk memacu perekonomian. (pap)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search