Emas Kian Ludes Oleh Kekhawatiran Stimulus

Emas Kian Ludes Oleh Kekhawatiran Stimulus

Rabu, 26 Juni 2013 15:06:10 WIB

Monexnews - Harga emas dunia kembali merosot di perdagangan hari Rabu (26/6) akibat membaiknya sejumlah data ekonomi Amerika Serikat (AS) di atas ekspektasi pada Selasa kemarin, kian menambah gambaran bahwa the Fed AS akan serius mengurangi volume stimulus moneter tahun ini.

Sebelumnya harga emas memang sudah tertekan lantaran pasar nampak khawatir terhadap prospek ekonomi dua negara adi daya Amerika dan China, sehinggga mendorong kalangan analis untuk memangkas proyeksi outlook logam tersebut. Dan penurunan hari ini merupakan akumulasi dari koreksi sebelumnya setelah pekan lalu pimpinan the Fed - Ben S. Bernanke, mengatakan bahwa bank sentral mungkin akan mulai mengurangi pembelian obligasi pada akhir tahun ini dan mengakhirinya pada pertengahan tahun 2014 jika ekonomi terus membaik sesuai proyeksi bank sentral.

Kecemasan investor kian bertambah manakala data aktivitas manufaktur HSBC - China kembali melambat di bulan Juni, sehingga para investor banyak melepas posisinya karena khawatir hal tersebut dapat mempengaruhi sisi tingkat permintaan (demand). Dan sikap investor nampak kian pesimis setelah Goldman Sachs menurunkan outlook emas dengan menurunkan proyeksi lebih dari 9% menjadi rerata $1300/ troy ons untuk akhir tahun ini. Goldman juga memangkas taksirannya lebih dari 17% ke level $1050/troy ons untuk akhir tahun 2014. Hingga sesi siang (1505 WIB), si besi kuning ini masih tersungkur di area kisaran $1235/troy ons, jauh di bawah level kemarin yang sempat rally ke $1289.54/troy ons.(dar)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search