Emas Menguat, Mendapatkan Keuntungan Dari Jatuhnya Pasar Ekuitas

Emas Menguat, Mendapatkan Keuntungan Dari Jatuhnya Pasar Ekuitas

Selasa, 06 Januari 2015 13:57:21 WIB

Monexnews - Emas menguat untuk hari ketiga beruntun untuk menuju reli terpanjang sejak Oktober karena merosotnya pasar ekuitas dan kecemasan bahwa Yunani mungkin akan keluar dari kawasan euro telah memicu permintaan untuk aset haven.

Emas pada saat ini menguat sebesar 0.3% menjadi $1,209.50/onz, itu adalah level tertinggi sejak 30 Desember. Logam mulia, yang anjlok pada tahun lalu, telah reli dari level terendah dalam sebulan di level $1,168.4 yang di capai pada tanggal 2 Januari.

Bursa saham Asia memperpanjang kejatuhan pasar ekuitas global setelah harga

minyak anjlok di bawah $50 per barel untuk pertama kalinya sejak tahun 2009. Mata uang kawasan euro diperdagangkan hampir di dekat level terendah sembilan bulan di tengah dimulainya kampanye di Yunani untuk pemilu tanggal 25 Januari yang Perdana Menteri Antonis Samaras mengatakan bahwa jika partai oposisi memenangkan pemilu itu dapat menyebabkan Yunani keluar dari zona Euro.

Jumlah aset di SPDR Gold Trust kemarin berekspansi untuk pertama kalunya dalam dua pekan, sementara itu penjualan emas koin AS melonjak dan volume perdagangan di China naik.

Mark To, kepala analis di Wing Fung Financial Group di Hong Kong mengatakan bahwa emas mendapatkan keuntungan dari meningkatnya sentimen hindar aset beresiko. Dengan harga minyak yang berada di bawah $50 dan meningkatnya ketidakpastian mengenai Yunani, pasar ekuitas telah di seret lebih rendah, memicu permintaan untuk aset haven.

Harga emas dalam euro naik ke level tertinggi sejak September 2013, setelah menguat sebesar 12% pada tahun lalu. Para pembuat kebijakan fokus pada nasib negara-negara yang memicu krisis surat utang pemerintah di kawasan Euro di tahun 2009 pada saat ketika bank sentral bergerak semakin dekat untuk pembelian obligasi pemerintah dalam skala besar dalam upaya memerangi deflasi dan membangkitkan pertumbuhan.

(fsyl)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search