Emas Sambut Baik Langkah China dan India

Emas Sambut Baik Langkah China dan India

Senin, 02 Maret 2015 12:05:21 WIB

Monexnews - Emas naik ke level tertinggi dalam hampir selama 2 pekan pada hari Senin, terdukung oleh kuatnya tingkat permintaan di China paska pemangkasan suku bunga pada akhir pekan lalu yang bertujuan menopang perekonomian, yang mana dikatakan analis juga dapat berdampak positif bagi emas. Bank sentral China mengatakan pemangkasan suku bunga pinjaman dan tabungan sebanyak 25 basis poin "tidak menunjukkan perubahan pada arah kebijakan moneter". Di tempat lain, India akan memperkenalkan akun deposit emas untuk menggunakan cadangan emas sebanyak 20,000 ton dan meluncurkan obligasi emas pemerintah, namun akan mempertahankan pajak impor pada 10%.

"Kami tidak menutup peluang pemangkasan kembali sebanyak 25 basis poin bersama dengan pelonggaran RRR (reserve requirement ratio) lebih lanjut dalam 3-6 bulan kedepan jika harga minyak stabil dan inflasi makanan masih terkendali," ucap Mizuho Bank. "Prospek membaiknya pertumbuhan dan kenaikan tingkat penghasilan akan mendorong pembelian emas di China," ucap Howie Lee, analis investasi pada Phillip Futures di Singapura. Lee memperkirakan impor emas China untuk naik tahun ini setelah turun menjadi 813.13 ton tahun lalu dari rekor tinggi 1,158.16 ton di tahun 2013. "Tahun 2014 merupakan tahun yang buruk, mengingat pembelian berlebih di tahun 2013. Tahun ini akan ada normalisasi pembelian di China," ucapnya. Emas mungkin akan kesulitan untuk mempertahankan gain jika data non-farm payrolls AS hari Jumat "kembali positif", tambah Lee.

(xiang)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search