Emas Tembus 1250, Dekat Level Terendah 3 Tahun

Emas Tembus 1250, Dekat Level Terendah 3 Tahun

Rabu, 26 Juni 2013 10:09:40 WIB

Monexnews - Pagi ini (26/6) harga emas telah menembus level $1250 per troy ons dan kini berada di kisaran $1245 dan telah mencetak level rendah di $1243 per troy ons. Level ini merupakan level terendah sejak September 2010. Komoditi logam berharga lainnya, Perak juga telah menembus level terendah sejak Agustus 2010 dan saat ini berada di kisaran $18,79 per troy ons.

Pelemahan harga emas ini seiring dengan penguatan dollar AS yang menanggapi membaiknya data-data ekonomi Amerika Serikat (AS) semalam (25/6) seperti data pesanan barang tahan lama (durable goods orders), data penjualan rumah baru (new home sales) dan data tingkat keyakinan konsumen (CB consumer confidence).

Data tingkat keyakinan konsumen AS di bulan Juni melonjak ke level tertinggi dalam 5 tahun sementara data penjualan rumah baru untuk keluarga tunggal naik ke level tertinggi dalam hampir 5 tahun di bulan Mei.

Data-data ini dirilis lebih bagus dari prediksi pasar. Data-data ekonomi AS yang bagus mendukung spekulasi pengurangan stimulus moneter bank sentral AS.

Harga emas telah melemah sejak Gubernur Federal Reserve AS, Ben Bernanke, mengungkapkan strategi pengurangan dan penghentian stimulus moneter AS pada Rabu (Kamis dinihari waktu Indonesia) pekan lalu bila ekonomi AS telah dipandang stabil dalam jalur pemulihan.

Sementara itu, pembelian fisik emas yang biasa meninggi signifikan saat harga emas terjun ke level rendah, tidak nampak di pasar. Isu kurangnya likuiditas di China nampaknya menurunkan sentimen pembelian fisik ini. Permintaan dari India juga jatuh karena pemerintah setempat menaikan pajak impor emas yang mengurangi minat individu membeli emas.(art)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search