Kecemasan Geopolitik Masih Topang Harga Emas

Kecemasan Geopolitik Masih Topang Harga Emas

Rabu, 13 Agustus 2014 03:49:37 WIB

Monexnews - Emas meraih gain tipis pada hari Selasa, menghentikan penurunan selama dua hari setelah sinyal bahwa pertikaian antara Rusia dan Ukraina melukai sentimen perekonomian di zona euro. Sentimen investor dan analis di Jerman, negara perekonomian Jerman, anjlok di bulan Agustus ke level terendah dalam lebih dari 1-1/2 tahun seiring krisis di Ukraina berlangsung, menurut hasil survey bulanan ZEW. Emas berhasil mencetak kenaikan tipis seiring dollar menguat terhadap dollar pasca data sentimen Jerman, dan indeks bursa saham S&P 500 melemah seirnig meningkatnya ketidakpastian mengenai Ukraina dan Timur Tengah. Yield obligasi AS bergerak naik namun masih berada dekat level rendah 14 bulan yang disentuh saat rally pasar obligasi yang menunjukkan peralihan menuju aset safe haven. Pihak Rusia pada hari Selasa mengatakan telah mengirimkan sebanyak 280 truk menuju Ukraina untuk membawa bantuan kemanusiaan, ditengah peringatan pihak Barat terkait menggunakan bantuan sebagai kedok untuk sebuah invasi.

Sementara ketegangan geopolitik telah memicu sejumlah aksi beli sporadis,

emas masih belum dapat meraih tingginya tingkat permintaan fisik. Singkatnya, tingkat permintaan fisik emas di negara konsumen beasr di Asia telah turun pasca mencapai rekor tinggi di tahun 2013. Ditambah, investor juga telah mengurangi posisi pada SPDR Gold Trust, ETF berbasis emas terbesar dunia. Emas diperdagangkan di sekitar range $1,280 dan $1,325 dalam 30 hari terakhir kendati meningkatnya ketegangan geopolitik. "Kecuali kita melihat adanya perubahan besar, menurutku berita saat ini tidak akan membawa harga emas keluar dari range tersebut," ucap Jonathan Butler analis Mitsubishi. (xiang)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search