Masalah Geopolitik Ukraina Pacu Reli Emas

Masalah Geopolitik Ukraina Pacu Reli Emas

Selasa, 11 Maret 2014 19:38:49 WIB

Monexnews -

Emas naik menuju level tertinggi dalam empat bulan di New York seiring kebuntuan antara Rusia dan Ukraina memacu permintaan untuk aset safe haven.

Ukraina memulai latihan militer seiring pasukan Rusia terus menekan mereka di semenanjung Crima, dimana para penduduk akan memilih untuk bergabung dengan Rusia pada referendum tanggal 16 Maret. Perdana Menteri Ukriana bersiap untuk bertemu dengan Presiden AS Barack Obama dan negara-negara barat yang terancam pada dampak lebih lanjut jika Rusia gagal meredakan ketegangan.

Emas telah menguat sebesar 12 persen pada tahun ini, rebound dari penurunan tahunan terbesar sejak 1981, walaupun Federal Reserve umumkan pemangkasan pembelian obligasi sebesar $10 milyar dalam dua pertemuan terakhirnya, yang meninggalkan pembelian sebesar $65 milyar/bulan. Ketua Fed Janet Yellen pada bulan lalu mengatakan bahwa bank sentral mungkin akan pertahankan startegi pengurangan program stimulus. Pasar ekuitas global bergerak di bawah 1 persen dari level tertinggi dalam enam tahun pada pekan lalu.

Berlanjutnya situasi yang serba tidak pasti di Ukraina akan berikan dukungan yang berkelanjutan untuk emas, kata Edward Meir, seorang analis di INTL FCStone Inc. di New York. Berita tentang Ukraina dan aktivitas di pasar ekuitas kemungkinan akan menjadi penentu pergerakan harga yang paling menonjol untuk emas dalam jangka pendek.

Emas untuk kontrak bulan April menguat sebesar 0.6% menjadi $1.350/onz pada pukul 19.34 wib di Comex New York. Emas mencapai level $1.355 pada tanggal 3 Maret, yang merupakan level tertinggi sejak 30 Oktober. Volume emas berjangka di perdagangkan sekitar 10 persen di bawah pergerakan rata-rata 100 hari untuk saat ini, data di susun oleh Bloomberg.

(fsyl)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search