Permintaan Safe Haven Meningkat, Emas ke Level Tertinggi 3 Bulan

Permintaan Safe Haven Meningkat, Emas ke Level Tertinggi 3 Bulan

Senin, 17 Februari 2014 19:08:41 WIB

Monexnews - Emas kembali diperdagangkan menguat, menjadi penguatan dalam sembilan hari beruntun akibat spekulasi akan melambatnya pemulihan ekonomi AS mendorong permintaan emas sebagai safe haven. Emas saat ini berada di level tertinggi lebih dari tiga bulan terakhir.

Sentimen positif terus bersama emas sejak awal tahun ini menyusul lemahnya data-data perekonomian AS dan China, dan gejolak yang terjadi di negara berkembang membuat bursa saham global anjlok dan meningkatkan permintaan emas.

Data-data ekomomi AS yang dirilis belakangan ini lebih buruk dari eskpetasi, termasuk data non-farm payrolls.. Selain itu klaim pengangguran mingguan juga meningkat, sementara penjaualan ritel anjlok. Data NFP AS untuk bulan Januari dirilis sebesar 113.000 lebih rendah dari ekspetasi ekonom sebesar 185.000.

Sepanjang tahun ini emas telah rebound 9,9% dari tahun lalu ketika nilai emas merosot 28% akibat investor kehilangan kepercayaan terhadap emas sebagai asset lindung nilai, dan langkah Federal Reserve yang memberikan sinyal akan melakukan pengurangan stimulus moneter. The Fed telah memangkas stimulus moneter sebanyak dua kali pada dua rapat terakhir, masing-masing sebesar $10 miliar, menjadi $65 miliar per bulan. Ketua Fed, Janet

Yellen, dalam testimoninya di hadapan DPR AS mengatakan pemangkasan stimulus moneter selanjutnya akan bergantung pada data ekonomi AS.

Emas saat ini diperdagangkan pada kisaran $1.326,35 per troy ons, setelah sempat menyentuh level tertinggi harian $1.329,71, sementara level terendah intraday $1.318,96. (pap)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search