Permintaan Safe-Haven Topang Emas

Permintaan Safe-Haven Topang Emas

Selasa, 16 Juni 2015 19:39:38 WIB

Monexnews - Emas diperdagangkan kokoh dekat level $1,185 per ons pada hari Selasa, mempertahankan gain semalam seiring kegagalan Yunani untuk mencapai kesepakatan dengan pihak krediturnya memicu aksi beli safe-haven. Emas diperdagangkan dalam range sempit seiring investor menantikan petunjuk dari pertemuan Federal Reserve yang akan dimulai hari ini. Dollar juga tampil tangguh pada sesi Asia hari Selasa, seiring trader menantikan hasil pertemuan the Fed. Investor akan fokus pada komentar dari gubernur the Fed Janet Yellen mengenai petunjuk kapan bank sentral AS dapat menaikkan suku bunga, yang mana saat ini berada dekat rekor rendah.

Emas tidak dapat mencetak rally tajam dalam beberapa bulan terakhir, tertekan oleh ketidakpastian mengenai waktu kenaikan suku bunga. Kenaikan suku bunga akan mengikis tingkat permintaan bagi

emas yang tidak membayarkan bunga. Data ekonomi pada hari Senin menunjukkan pelemahan pada tingkat produksi sektor industri, kontras dengan data penjualan ritel, pekerjaan, konsumen, dan sentimen usaha kecil yang positif belakangan ini.
Yunani dan pihak krediturnya masing-masing bersikeras pada hari Senin setelah diskusi yang bertujuan mencegah default dan keluarnya Yunani dari zona euro gagal mencapai kesepakatan, membuat komisioner Uni Eropa asal Jerman mengatakan bahwa sudah waktunya untuk bersiap untuk "keadaan darurat". Pihak Athena saat ini hanya memiliki waktu 2 pekan unutk mencari cara memecahkan kebuntuan tersebut sebelum menghadapi jatuh tempo pembayaran senilai 1.6 milyar euro kepada International Monetary Fund, berpotensi memicu kebangkrutan, tidak dapat meminjam kembali dan beresiko keluar dari zona euro. Emas cukup diminati sebagai investasi alternatif di masa-masa terjadinya ketidakpastian sektor keuangan dan ekonomi.

(xiang)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search