Referendum Emas Swiss Dapat Menjadi Titik Balik Harga Emas

Referendum Emas Swiss Dapat Menjadi Titik Balik Harga Emas

Rabu, 05 November 2014 18:25:33 WIB

Monexnews - Sejumlah orang di Swiss menentang penjualan sebagian banyak emas di Swiss pada dekade lalu. Mereka mungkin hanya segelintir grup politik di Swiss, namun mereka cukup keras. Dan jika mereka memenangkan referendum bulan ini, mereka akan membuat diri mereka dikenal oleh trader emas di seluruh dunia. Proposal dari permintaan Save Our Swiss Gold cukup sederhana: Mendesak bank sentral untuk menambah jumlah kepemilikan emasnya hingga setidaknya 20% dari total aset dari 8% pada hari ini. Memiliki aset sebanyak 522 milyar franc Swiss (544 milyar dollar), Swiss National Bank akan harus untuk membeli setidaknya 1,500 ton emas, yang seharga 56.3 milyar dollar pada harga saat ini, untuk mencapai batasan tersebut pada tahun 2019.

Pembelian tersebut, yang setara dengan sekitar 7% dari tingkat permintaan tahunan global, akan memicu rally sebesar 17%, mendorong harga emas yang telah turun sekitar 32% dalam 2 tahun terakhir, menurut estimasi Bank of America Corp. Dengan polling menunjukkan hasil yang ketat menjelang referendum tanggal 30 November nanti, SNB dan pemerintah memperingatkan bahwa langkah tersebut dapat merusak upaya untuk mencegah penguatan franc terhadap euro dan mengikis pembagian dividen tahunan bank sentral untuk pemerintah daerah. Hal tersebut akan memiliki dampat yang besar jika dikabulkan, ucap Joni Teves, analis pada UBS AG di London. Jika mereka ternyata meluncurkan program pembelian, hal tersebut akan menjadi pembelian konstan pada pasar.

(xiang)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search