Market Movers: Beberapa Sentimen Positif Melemahkan Dollar AS

Market Movers: Beberapa Sentimen Positif Melemahkan Dollar AS

Jum'at, 13 Februari 2015 10:18:46 WIB

Monexnews - Indeks dollar AS tertekan kemarin dari kisaran tertinggi kemarin di 94.97 ke kisaran rendah 93.98. Pelemahan ini terkait dengan data-data ekonomi AS yang di bawah prediksi pasar yang dirilis kemarin malam. Data klaim tunjangan pengangguran mingguan AS di luar dugaan melonjak menjadi 304 ribu klaim dari perkiraan hanya 279 ribu klaim. Sementara data penjualan ritel AS bulan Januari turun 0,8% dibandingkan bulan sebelumnya, di bawah perkiraan penurunan hanya 0,3%.

Tekanan turun terhadap dollar AS juga dipengaruhi oleh keinginan dari pemimpin Yunani untuk bernegosiasi masalah bailout dengan para kreditornya seperti Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional. Niat untuk bernegosiasi disambut baik oleh pasar keuangan global sehingga instrumen beresiko seperti saham mulai kembali dikoleksi. Kesepakatan gencatan senjata antara pemerintah Ukraina dengan kelompok separatis juga memberikan sentimen positif ke pasar.

Pagi tadi, Gubernur Bank Sentral A
ustralia, Glenn Stevens berpidato di hadapan komite ekonomi parlemen. Hasilnya tidak terlalu mempengaruhi pergerakan dollar Australia. Pidato Stevens menerangkan penurunan ekonomi yang terjadi di Australia saat ini yang berkorelasi positif dengan penurunan nilai tukar dollar Aussie. Namun Stevens tidak menegaskan level dollar Aussie yang pas untuk situasi sekarang seperti pernyataan terdahulu yang mengatakan bahwa dollar Aussie mungkin bisa mencapai level US$0.75.

Hari ini beberapa market mover penting dari Eropa akan dirilis. Data GDP kuartal ke-4 2014 Perancis, Jerman, Italia dan Zona Euro akan dirilis. Data ini akan mengkonfirmasi kondisi kesehatan ekonomi kawasan Zona Euro dan bisa mempengaruhi pergerakan nilai tukar
euro.

Sementara dari AS akan dirilis data survei sentimen konsumen untuk bulan Februari yang mensurvei 500 konsumen di AS untuk menilai kondisi ekonomi AS saat ini dan di masa yang akan datang. Hasil yang melebihi prediksi bisa membantu penguatan dollar AS.

Malam ini dari bursa saham AS akan dirilis laporan penghasilan dari ArcelorMittal. Laporan ini akan dirilis sebelum bursa saham AS dibuka.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search