Market Movers: BOJ Tidak Mengubah Kebijakan Tapi Yen Terdorong Melemah

Market Movers: BOJ Tidak Mengubah Kebijakan Tapi Yen Terdorong Melemah

Selasa, 08 April 2014 10:40:47 WIB

Monexnews - Indeks dollar AS mendapatkan tekanan turun kemarin setelah para pejabat Bank Sentral Eropa meng-counter isu penerapan kebijakan pelonggaran moneter di Zona Euro. Ewald Nowotny dan Yves Mersch mengungkapkan bahwa pemberlakuan QE belum akan terjadi dalam waktu dekat. Indeks dollar As melemah dari level 80.41 pada penutupan akhir pekan lalu ke level 80.21.

Pagi ini telah dirilis h

asil rapat kebijakan moneter Bank Sentral Jepang (BoJ) dan ternyata BoJ masih mempertahankan kebijakan stimulusnya, tidak ada penambahan seperti harapan para pelaku pasar. Penilaian BoJ terhadap perekonomian Jepang pun tidak berbeda dengan penilaiannya yang diungkapkan pada rapat moneter sebelumnya. Ekonomi Jepang sedang dalam pemulihan yang moderat dan sentimen bisnis masih bertumbuh baik. Hasil ini tidak memberikan sentimen positif ke pasar keuangan Jepang, tapi juga tidak memberikan tekanan yang terlalu dalam. Pasar akan menunggu konferensi pers BoJ yang akan berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB.

Dari kawasan Eropa akan dirilis data Penjualan Ritel Swiss dan Produksi Manufaktur Inggris. Penjualan Ritel Swissuntuk bulan Februari diprediksi naik 0,9%, ini jauh di atas kenaikan bulan sebelumnya yang 0,3%. Sementara Produksi Manufaktur Inggris untuk bulan Februari diproyeksi tumbuh 0,3% tidak jauh berbeda dengan bulan sebelumnya yang tumbuh 0,4%.

Dari Kanada akan dirilis data Ijin Membangun untuk bulan Februari yang diperkirakan turun 2,4%, di bawah data bulan sebelumnya yang menunjukkan kenaikan 8,5%. Dan dari AS akan dirilis data JOLTS Job Openings yang adalah data yang mengukur jumlah lapangan pekerjaan yang dibuka di luar pertanian. Bulan Februari diproyeksi terdapat 3,99 juta lapangan pekerjaan yang dibuka, sedikit lebih tinggi dari data bulan sebelumnya 3,97 juta. Semakin besar lapangan pekerjaan, berpengaruh positif bagi dollar AS.

Dan dinihari nanti, beberapa pejabat Bank Sentral AS akan berpidato, Naraya Kocherlakota dan Charles Plosser yang mungkin bisa menggerakan pasar. Biasanya pasar mencari indikasi kebijakan moneter ke depannya dari pidato para pejabat Fed ini.

Hari ini, setelah pasar saham AS ditutup akan dirilis laporan penghasilan atau earnings dari Alcoa. Laporan dari Alcoa ini akan membuka rentetan laporan penghasilan dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa saham AS selama sebulan ke depan.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:

http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search