Market Movers: Dollar AS Dapat Tekanan Dari Euro

Market Movers: Dollar AS Dapat Tekanan Dari Euro

Kamis, 23 Juli 2015 10:46:26 WIB

Monexnews - Pagi ini Bank Sentral Selandia Baru (RBNZ) telah memangkas suku bunganya sebesar 25 basis poin menjadi 3.00%. Namun nilai tukar dollar Selandia Baru malah menguat. Sebagian analis mengindikasikan bahwa para pelaku pasar telah mendiskon hasil tersebut sebelumnya sehingga ketika sesuai dengan ekspektasi, dollar Kiwi menguat. Di jangka menengah, para pelaku pasar harus mewaspadai pelemahan nilai tukar dollar New Zealand karena RBNZ masih membuka kemungkinan pemangkasan kembali.

Sementara sentimen positif membayangi
poundsterling. Munculnya keinginan sebagian pejabat Bank Sentral Inggris (BoE) untuk menaikan suku bunga telah mendorong penguatan poundsterling. Mark Carney, Gubernur BoE, telah membuka wacana ini dalam pernyataannya di Lincoln Cathedral pekan lalu.

Pagi ini,
euro juga mendapatkan sentimen positif dari keberhasilan pemerintah Yunani mendapatkan dukungan dari parlemen Yunani untuk proposal paket reformasi ke-2 nya. Dengan proposal ini, Yunani dapat melanjutkan negosiasinya dengan Uni Eropa. Negosiasi diharapkan bisa selesai pada tanggal 20 Agustus.

Berbagai sentimen di atas telah membantu mendorong pelemahan indeks dollar
AS kemarin dan pagi ini. Indeks dollar AS kini bergerak di kisaran 97.29, dari sebelumnya di kisaran 97.70.

Sore ini, data Tingkat Pengangguran Spanyol kuartal pertama dan Penjualan Ritel Inggris bulan Juni bisa menjadi market mover baru untuk
euro dan poundsterling. Kedua data diperkirakan lebih bagus dari hasil sebelumnya. Bila hasil sesuai prediksi, kedua nilai tukar bisa menguat.

Malam hari, data Klaim Tunjangan Pengangguran mingguan Amerika Serikat dan Penjualan Ritel Kanada bulan Mei akan dirilis. Kedua data ini pun diprediksi lebih bagus dari data sebelumnya.

Sementara dari bursa saham AS, banyak laporan keuangan yang akan dirilis dari berbagai sektor industri seperti manufaktur-3M, teknologi-Amazon, ritel-McDonald, keuangan-Credit Suisse dan pertambangan-Freeport. Jadwal lengkap bisa dilihat di
sini.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http://www.monexnews.com/calendar/homeCalendar.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search