Market Movers: Dollar AS Melemah Saat Liburan

Market Movers: Dollar AS Melemah Saat Liburan

Jum'at, 29 November 2013 12:05:10 WIB

Monexnews - Tanpa kehadiran data ekonomi AS karena liburan Thanksgiving, instrumen keuangan masih mendapatkan market mover dari Jepang, Australia, zona euro, dan Inggris.

Euro dan Sterling masing-masing mengalami penguatan berkat pernyataan dari pejabat bank sentralnya. Mark

Carney, Gubernur Bank Sentral Inggris, menyatakan akan menarik insentif kredit perumahan untuk mengurangi resiko di pasar perumahan. Sementara laporan bank sentral Eropa (ECB) menyebutkan bahwa resiko kegagalan sistemik di zona euro sudah turun ke periode sebelum krisis. Selain itu, para pelaku pasar menilai bahwa ECB memiliki ruang yang terbatas untuk melonggarkan kebijakan moneternya.

Dollar Australia masih mendapatkan tekanan dari keinginan bank sentralnya untuk memangkas nilai tukar

dollar Australia untuk membantu perekonomian Australia yang sedang dalam masa transisi. Dan kabar mengenai penolakan pemerintah terhadap kepemilikan asing yang menambah kekhawatiran pasar mengenai arus masuk modal ke Australia, juga menekan dollar Australia.

Yen Jepang mulai terkoreksi meski masih berada di kisaran 102

yen per dollar AS. Kenaikan bursa saham AS, Jerman dan regional turut membantu pelemahan yen terhadap dollar AS. Dan seiring dengan aksi profit taking yang terjadi di bursa saham, USD/JPY turut terkoreksi.

Hari ini data ekonomi dari euro yakni penjualan ritel Jerman, CPI Flash (gambaran inflasi) dan tingkat pengangguran zona euro akan menjadi market mover. Nilai tukar euro bisa menguat kembali jika CPI Flash menunjukkan hasil yang lebih bagus dari perkiraan 0,8%.

Sementara dari Inggris akan dirilis data jumlah pinjaman ke individu. Jumlah pinjaman ke individu yang membesar menunjukkan optimisme individu terhadap perekonomian dan ini bisa mengangkat nilai tukar

sterling.

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search