Market Movers: Dollar AS Menguat Jelang FOMC Minutes

Market Movers: Dollar AS Menguat Jelang FOMC Minutes

Rabu, 20 Mei 2015 10:06:24 WIB

Monexnews - Indeks dollar AS menguat kembali ke area 95. Penguatan Dollar AS mendapatkan dukungan dari data perumahan AS, Jumlah Ijin Membangun, yang dirilis lebih bagus dari proyeksi dan data Survei Sentimen Ekonomi Jerman yang di bawah ekspektasi pasar.

Pagi ini telah dirilis data pertumbuhan GDP kuartal I Jepang yang hasilnya melebihi ekspektasi pasar, 0,6% vs 0,4%. Data ini memberikan sentimen positif ke pergerakan indeks saham berjangka Nikkei pagi ini. Sentimen positif juga melanda indeks berjangka Kospi dengan dukungan dari penguatan saham Samsung Electronics, Hyundai Motor dan KIA Motor. Sementara indeks berjangka Hangseng terpuruk karena penurunan saham-saham sektor energi seperti CNOOC, Sinopec, PetroChina dan China Petroleum & Chemical Corp.

Sore ini, perhitungan suara dari rapat moneter Bank Sentral Inggris (BoE) tanggal 11 Mei lalu akan diumumkan. Pasar memproyeksikan tidak ada anggota dewan moneter BoE yang memilih menaikan suku bunga acuan. Bila data dirilis sesuai perkiraan, kemungkinan tidak akan memberikan pengaruh pada pergerakan
poundsterling. Selain itu, Presiden Bank Sentral AS cabang Chicago, Charles Evans, dijadwalkan akan berpidato mengenai perekonomian dan kebijakan moneter di Jerman. Evans adalah salah satu pemegang hak suara pada rapat moneter Fed tahun 2015 ini. Indikasi soal kenaikan suku bunga acuan Fed berpeluang menguatkan dollar AS.

Malam hari, pemerintah AS akan merilis data stok minyak mentah WTI AS mingguan. Data diperkirakan terjadi penurunan stok sebesar 1,3 juta barel. Penurunan stok ini berpotensi mendorong penguatan harga minyak mentah WTI.

Dan dinihari nanti, Fed akan merilis FOMC Minutes atau notulen rapat moneter tanggal 30 April lalu. Pasar akan mencari indikasi kenaikan suku bunga acuan di bulan Juni. Bila indikasi tersebut tidak ditemukan, dollar AS mungkin bisa tertekan turun lagi.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search