Market Movers: Dollar AS Menguat Karena Yellen Indikasikan Kenaikan Bunga Tahun Ini

Market Movers: Dollar AS Menguat Karena Yellen Indikasikan Kenaikan Bunga Tahun Ini

Kamis, 16 Juli 2015 10:25:30 WIB

Monexnews - Banyak kejutan dari beberapa market mover yang dirilis kemarin dan pagi ini. Kejutan ini mendorong penguatan dollar AS dimana indeks dollar berhasil menguat ke atas kisaran 97.00.

Dalam testimoninya, Janet Yellen mengindikasikan akan menaikan suku bunga acuan mulai tahun ini dengan catatan ekonomi dan situasi pasar tenaga kerja Amerika Serikat membaik. Sementara Bank Sentral Kanada memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 0,5%. Ekonomi Kanada mendapatkan tekanan dari turunnya harga minyak mentah. Dan pagi ini parlemen Yunani mengesahkan proposal reformasi keuangan yang akan diajukan dalam negosiasi bailout dengan Uni Eropa.

Hari ini pasar akan menunggu hasil pertemuan para menteri keuangan
eurogroup yang akan membahas soal proposal bailout Yunani. Persetujuan bailout Yunani akan memberikan sentimen positif ke pasar keuangan. Selain itu pasar juga akan menantikan konferensi pers yang diadakan Bank Sentral Eropa (ECB) pasca rapat kebijakan moneter. Persoalan Yunani mungkin akan dibahas dalam konferensi pers ini.

Sementara dari Amerika Serikat, data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan dan Indeks Manufaktur Philadelphia akan menjadi market mover penting untuk dollar AS. Hasil yang lebih bag
us dari ekspektasi pasar bisa mendukung penguatan dollar AS. Pasar juga akan mengkonfirmasi kembali indikasi kenaikan suku bunga acuan Fed dari testimoni Yellen malam ini di hadapan Senat.

Sementara hari ini cukup banyak laporan keuangan dari perusahaan yang terdaftar di bursa saham AS, di antaranya: Citigroup, Goldman Sachs, Advanced Micro Devices, Philip Morris Intl, dan Ebay.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search