Market Movers: Euro Menguat Karena Kesepakatan Bailout Semakin Dekat

Market Movers: Euro Menguat Karena Kesepakatan Bailout Semakin Dekat

Kamis, 04 Juni 2015 11:11:22 WIB

Monexnews - Di pasar keuangan telah berkembang berita mengenai negosiasi pengucuran dana bailout Yunani yang mendekati kata sepakat. Hal ini yang mendorong penguatan euro terhadap nilai tukar lainnya dalam dua hari terakhir. Penguatan nilai tukar euro juga didukung oleh kenaikan proyeksi inflasi oleh Bank Sentral Eropa.

Dollar
AS juga menguat karena data tenaga kerja Non-Farm Payroll (NFP) AS versi ADP dirilis lebih bagus dari prediksi pasar dan berada di atas kisaran 200 ribu pekerja. Angka ini mendorong optimisme bagusnya data NFP versi pemerintah yang akan dirilis Jumat besok.

Pagi ini telah dirilis data Neraca Perdagangan dan PenjualanRitel Australia bulan April. Hasil kedua data ini di bawah perkiraan pasar yang langsung mendorong pelemahan nilai tukar

dollar Australia. Data ekonomi Australia yang buruk mendapatkan respon yang kuat dari pasar karena data ini mengkonfirmasi peluang pemangkasan suku bunga Bank Sentral Australia.

Dari pasar saham, penguatan indeks saham Wallstreet semalam membantu penguatan indeks saham Asia pagi ini. Namun indeks saham China dan Hong Kong tiba-tiba turun tajam pada perdagangan jam 10.30 tadi. Masih belum jelas penyebab penurunan tersebut. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi faktor penekan indeks yaitu kabar tentang rencana konsentrasi massa sebanyak puluhan ribu orang di Hong Kong untuk memperingati peristiwa Tiananmen dan berita tentang peringatan Hong Kong tentang wabah MERS.

Market mover lainya hari ini adalah hasil keputusan suku bunga Bank Sentral Inggris, yang kemungkinan tetap. Dan data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan AS yang juga akan menjadi fokus pasar karena data ini merupakan salah satu indikator kesehatan pasar tenaga kerja AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search