Market Movers: Indeks Dollar AS Membubung Tinggi

Market Movers: Indeks Dollar AS Membubung Tinggi

Jum'at, 02 Januari 2015 10:28:25 WIB

Monexnews - Indeks Dollar AS masih menunjukkan kekuatannya di awal tahun 2015 ini. Indeks dollar bergerak lebih tinggi dibandingkan rekor tertinggi tahun 2014. Saat ini indeks bergerak di kisaran 90,56, sementara rekor tertinggi di 2014 di kisaran 90,33 yang terjadi tanggal 30 Desember.

Penguatan dollar AS ini disebabkan oleh perbedaan outlook kebijakan Bank Sentral AS (Fed) dengan bank sentral negara maju lainnya dimana kebijakan Fed lebih ke arah pengetatan sementara bank sentral negara maju lainnya masih fok
us dengan pelonggaran moneter.

Pagi ini indeks saham berjangka Asia mengalami penguatan. Data PMI Manufaktur China versi pemerintah yang dirilis kemarin kurang impresif. Data menunjukkan penurunan dibandingkan bulan sebelumnya meskipun hasilnya lebih bagus dari prediksi. Ini memperbesar asumsi para pelaku pasar bahwa China akan bersiap dengan stimulus. Eskpektasi akan stimulus ini mengangkat indeks saham berjangka Hang Seng. Sementara Nikkei didukung oleh pelemahan
yen terhadap dollar AS dimana USDJPY kini kembali menguat ke area 120. Dan indeks Kospi berjangka menguat seiring dengan meningkatnya aktivitas manufaktur Korea Selatan. Indeks manufaktur Korea Selatan versi HSBC untuk bukan Desember menguat menjadi 49,9 dari sebelumnya 49,0.

Sore dan malam hari, beberapa data PMI manufaktur dari kawasan Eropa dan AS bisa menggerakan nilai tukar
euro, poundsterling dan dollar AS. Aktivitas manufaktur yang bertumbuh berpeluang mendorong pertumbuhan ekonomi dan ini bisa memperkuat nilai tukar.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search