Market Movers: Kebijakan SNB Timbulkan Aksi Safe Haven

Market Movers: Kebijakan SNB Timbulkan Aksi Safe Haven

Jum'at, 16 Januari 2015 10:11:43 WIB

Monexnews - Pasar keuangan bergejolak kemarin karena kebijakan Bank Sentral Swiss (SNB) yang mengejutkan para pelaku pasar. Tanpa terjadwal sebelumnya, Bank Sentral Swiss mengeluarkan kebijakan menghapus ambang batas EURCHF 1.2 dan menurunkan suku bunga acuan menjadi negatif. Tindakan ini menimbulkan volatilitas yang ekstrim terutama ke pasangan mata uang franc Swiss (CHF). Volatilitas besar juga berimbas ke nilai tukar lainnya, pasar saham, dan emas.

Kebijakan dadakan ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pelaku pasar sehingga sebagian pelaku pasar mengeluarkan investasinya dari instrumen yang beresiko dan mencari aset-aset yang dianggap safe haven seperti
yen Jepang, emas dan mungkin dollar AS. Pagi ini terlihat ketiga instrumen ini mengalami penguatan. Sementara indeks-indeks saham Asia seperti Hang Seng, Nikkei, Kospi, terlihat mengalami penurunan.

Sore ini ada data dari Swiss dan Zona Euro yaitu data penjualan ritel dan data CPI final. Kedua data ini mungkin tidak akan terlalu menggerakan harga pasar. Untuk Swiss, pasar tentu membutuhkan data penjualan ritel terbaru pasca perubahan kebijakan SNB. Sementara untuk Zona Euro, data CPI yang akan dirilis adalah data CPI final yang kemungkinan besar nilainya sama dengan data estimasi CPI yang sudah dirilis sebelumnya.

Malam hari, dari Amerika Serikat (AS) akan dirilis data CPI (Indeks Harga Konsumen) untuk bulan Desember, data Produksi Industri Desember, dan data Survei Sentimen Konsumen Januari. Ketiga data cukup berpengaruh pada pergerakan nilai tukar dollar AS karena data-data ini menggambarkan kesehatan ekonomi AS.

Hari ini salah satu bank besar AS, Goldman Sachs akan merilis laporan penghasilannya sebelum pasar saham AS dibuka.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search