Market Movers: Kesepakatan Debt Ceiling Masih Ditunggu Pasar

Market Movers: Kesepakatan Debt Ceiling Masih Ditunggu Pasar

Senin, 14 Oktober 2013 11:36:10 WIB

Monexnews - Deadline 17 Oktober sudah dekat, para pengambil keputusan di Washington semakin intens bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan. Ini yang memberikan optimisme di kalangan pelaku pasar bahwa kesepakatan akan segera tercapai sebelum deadline. Namun, kekahwatiran tetap saja membayangi pergerakan di pasar keuangan karena kesepakatan masih belum juga tercapai. Kekhawatiran mengenai debt ceiling bisa menekan kembali dollar AS dan melemahkan nilai aset-aset beresiko seperti saham dan komoditas, dan sebaliknya optimisme tercapainya kesepakatan bisa menguatkan dollar AS dan nilai aset-aset beresiko.

Hari Sabtu kemarin, telah dirilis data neraca perdagangan China yang masih tetap surplus meski mengalami penurunan di bandingkan bulan sebelumnya, $15,2 miliyar vs $28,5 milyar. Turunnya surplus ini akibat penurunan ekspor ke hampir semua negara tujuan ekspornya. Ini menggambarkan turunnya permintaan global. Ini tentunya bisa memberikan sentimen negatif ke pasar.

Hari ini beberapa negara mengalami libur nasional seperti di Jepang, Hong Kong, Amerika Serikat dan Kanada. Pasar yang sepi bisa membuat volatilitas harga meninggi.

Beberapa data dari Eropa bisa menjadi market mover hari ini terutama untuk

franc Swiss dan euro seperti data indeks harga produsen Swiss dan produksi industri zona euro. Semua data ini diprediksi lebih bagus dari sebelumnya. Zona euro juga dijadwalkan akan menyelenggarakan pertemuan eurogroup yang akan membahas masalah-masalah ekonomi dan keuangan yang akan dilajutkan esok hari dengan pertemuan para menteri keuangan zpna euro.

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search