Market Movers: Menanti Keputusan RBA dan CPI Zona Euro

Market Movers: Menanti Keputusan RBA dan CPI Zona Euro

Selasa, 03 Juni 2014 10:23:41 WIB

Monexnews - PMI Manufaktur China dan AS yang cukup solid mendorong penguatan indeks saham AS kemarin. Solidnya data PMI ini mengindikasikan ekonomi memang bertumbuh. Sentimen risk appetite kembali masuk ke pasar keuangan. Sementara indeks dollar AS kembali menguat terkait isu pelonggaran moneter Bank Sentral Eropa. Data-data PMI negara kawasan Eropa yang lebih rendah dari prediksi memberikan keuntungan bagi nilai tukar dollar AS.

Pagi ini data PMI Non-manufaktur China yang solid Bulan Mei memberikan sentimen positif ke pasar saham Asia. Dengan solidnya survei aktivitas manufaktur dan non manufaktur China sedikit mengikis keraguan pasar terhadap ekonomi China. Buruknya survei PMI Manufaktur China versi HSBC meski sempat memberikan sentimen negatif, sepertinya diabaikan pasar saat ini. Indeks Hangseng yang baru dibuka hari ini menguat. Demikian pula indeks Nikkei yang penguatannya juga didukung oleh pelemahan

yen. Sementara indeks Kospi melemah karena kekhawatiran pasar terhadap tingkat inflasi Korea Selatan yang terus meninggi yang bisa mengurangi daya beli konsumen.

Dari Australia akan dirilis hasil keputusan rapat kebijakan moneter Bank Sentral Australia (RBA). Seperti yang kita ketahui, RBA tidak mengubah kebijakan moneternya sejak rapat Agustus 2013 lalu. Bila RBA memandang bahwa ekonomi Australia masih membutuhkan pelonggaran moneter, maka nilai tukar dollar Australia berpeluang tertekan.

Dari Inggris akan dirilis data survei Indeks Harga Rumah untuk Bulan Mei. Pasar perumahan masih menjadi fokus para pelaku pasar dengan kekhawatiran terjadinya bubble. Kenaikan harga rumah bisa mendorong bank sentral mengetatkan kebijakan moneternya dan ini mendukung nilai tukar yang bersangkutan. Inggris juga akan merilis data PMI aktivitas konstruksi bulan Mei yang diprediksi menguat, 61.2. Dari Zona Euro akan dirilis data Perubahan Jumlah Pengangguran di Spanyol untuk Bulan Mei yang terus mengalami penurunan dan Tingkat Pengangguran zona Euro Bulan April. Pengangguran yang menurun akan membantu kinerja perekonomian. Data perkiraan CPI y/y Zona Euro Bulan Mei akan menjadi fokus pasar. Konsensus pasar sama dengan hasil bulan sebelumnya 0,7%. Data yang lebih rendah dari proyeksi bisa menekan turun nilai tukar

euro karena membuka peluang dikeluarkannya kebijakan pelonggaran moneter.

Dari AS akan dirilis data Pesanan Pabrik bulan April. Data ini berkaitan dengan aktivitas sektor manufaktur AS. Data diprediksi naik 0,6% dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil yang lebih bagus dari prediksi bisa mendorong penguatan dollar dan indeks saham AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:

http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search