Market Movers: Menunggu Kejutan Dari PMI Zona Euro

Market Movers: Menunggu Kejutan Dari PMI Zona Euro

Selasa, 23 September 2014 10:45:24 WIB

Monexnews - Pagi ini data PMI Manufaktur China versi HSBC menjadi market mover di pasar Asia. Data dirilis sedikit lebih bagus dari perkiraan pasar. Aktivitas manufaktur China masih berekspansi. Data ini sempat memberikan sentimen positif ke pasar saham Asia. Indeks saham berjangka Asia seperti Nikkei, Kospi dan Hang Seng sempat menguat.

Namun indeks saham Asia mendapatkan sentimen negatif dari penurunan indeks saham
AS semalam akibat data Penjualan Rumah Second yang dirilis di bawah estimasi pasar. Pernyataan menteri keuangan China soal tidak akan mengubah kebijakan ekonomi hanya karena 1 data yang bermasalah, juga memberikan sentimen negatif ke pasar saham.

Sementara indeks
dollar AS masih di level tinggi meskipun sudah mengalami koreksi kemarin. Saat ini indeks berada di level 84.66 dan level tertinggi 2014 ada di 84.86. Aksi korektif pada indeks dollar AS tercermin pada rebound yang terjadi pada major currencies pair.

Sore ini pasar akan menantikan market mover dari Zona Euro yaitu data PMI Manufaktur dan Sektor Jasa Jerman, Perancis dan Zona Euro untuk Bulan September. Rata-rata data-data PMI ini diperkirakan lebih rendah dari data PMI bulan sebelumnya. Hasil yang di bawah perkiraan berpeluang memberi tekanan turun pada nilai tukar
euro. Tapi mungkin bisa saja terjadi kejutan dari data-data PMI ini yang bisa mengangkat kembali nilai tukar euro.

Inggris akan merilis data Public Sector Net borrowing dan Persetujuan Kredit Kepemilikan Rumah. Perkiraan pasar menunjukkan bahwa belanja sektor publik akan meningkat dibandingkan data bulan sebelumnya yang bisa mengindikasikan peningkatan aktivitas ekonomi. Data Persetujuan KPR juga menunjukkan peningkatan aktivitas ekonomi terutama di sektor perumahan. Hasil yang lebih bagus dari prediksi bisa mendorong penguatan nilai tukar
poundsterling.

Malam hari, Kanada akan merilis data Penjualan Ritel bulan Juli dengan prediksi terjadi kenaikan di bawah kenaikan bulan sebelumnya. Untuk Penjualan Ritel Inti di luar penjualan mobil, para analis malah memprediksi terjadi penurunan penjualan dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil yang sesuai atau di bawah prediksi tentunya berpeluang menekan nilai tukar dollar Kanada.

Sementara dari AS tidak ada data ekonomi penting yang akan dirilis.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search