Market Movers: Nikkei Termotivasi Wall St, China & BOJ

Market Movers: Nikkei Termotivasi Wall St, China & BOJ

Selasa, 09 Juli 2013 12:37:43 WIB

Monexnews - Secara umum mayoritas bursa Asia mengalami rebound hari ini (Selasa, 9/7) lantaran terangkat oleh Wall Street yang berakhir positif semalam setelah produsen alumunium terbesar dunia Alcoa Inc. melaporkan pendapatan di atas ekspektasi.

Kalangan investor di Asia juga termotivasi setelah data China yang rilis hari ini menunjukkan inflasi harga konsumen mengalami peningkatan sehingga hal itu turut memicu rally bursa Shanghai dan diikuti oleh indeks utama Asia lainnya. Angka inflasi tahunan China (CPI y/y) tercatat naik 2.7% di bulan Juni dari sebelumnya 2.1% di bulan Mei, dan melampaui ekspektasi pemerintah sebesar 2.5%.

Di lantai bursa Tokyo, indeks Nikkei hari ini mampu bangkit dari koreksinya kemarin. Selain termotivasi oleh rally Wall Street serta data China yang positif, minat beli investor juga terpicu oleh nilai tukar yen yang kembali melemah ke atas 101 terhadap dollar AS (USD). Kurs yen hari ini di transaksikan pada kisaran 101.15 vs USD setelah melemah hinggga 101.23.

Terpuruknya yen hingga menembus level 101 berawal ketika angka Non-farm Payrolls Amerika yang di rilis hari Jumat lalu (5/7) membaik dari ekspektasi pasar dan langusung memicu dollar AS menguat hanpir terhadap semua mata uang dunia. Dan pelemahan yen tersebut juga turut memicu eksportir Jepang mengalami rally di lantai bursa Tokyo.

Sementara kalangan pelaku pasar kini tengah menantikan pernyataan Menteri Keuangan Taro Aso dan Menteri Ekonomi Akira Amari yang di jadwalkan akan mengadakan konferensi pers hari ini setelah pasar tutup. Fokus pasar saat ini juga tertuju pada pertemuan kebijakan Bank of Japan (BOJ) yang akan dimulai hari Rabu besok (10/7) dimana pasar memperkirakan tidak akan ada perubahan pada sikap moneter bank sentral. Namun harian bisnis Nikkei melaporkan bahwa BOJ kemungkinan besar akan memberi proyeksi ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya.

Menjelang pasar tutup, indeks utama Nikkei tercatat menguat 2.3% atau melejit hingga 324.35 poin pada kisaran 14433.69, setelah melesat hingga 14456.66. Sedangkan indeks Nikkei futures juga terpantau menguat 2.19% atau 310 poin pada area 14435.

(Daru Wibisono)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search