Market Movers: Pasar Eropa Menunggu Pemilu Yunani

Market Movers: Pasar Eropa Menunggu Pemilu Yunani

Senin, 29 Desember 2014 10:35:28 WIB

Monexnews - Di awal pekan ini, pasar Asia mendapatkan beberapa market mover dari pekan lalu seperti sentimen positif dari penguatan indeks saham Amerika Serikat yang mencapai rekor tertinggi baru, penggelontoran stimulus fiskal baru dari pemerintah Jepang senilai $29 milyar dan penurunan 94% arus masuk investasi asing ke bursa saham Jepang dibandingkan tahun sebelumnya.

Market mover di atas memberikan sentimen yang berbeda ke pasar saham Asia. Penguatan indeks saham
AS memberikan dorongan penguatan di pembukaan indeks saham Hang Seng dan Kospi Berjangka pagi ini. Namun indeks saham Nikkei Berjangka nampaknya tidak terpengaruh. Berita tentang penurunan arus masuk investasi asing kelihatannya memberikan tekanan turun pada pergerakan Nikkei Berjangka pagi ini.

Sementara itu, pasar keuangan Eropa menunggu hasil pemilu parlemen Yunani hari Senin ini. Hasil pemilu yang mendukung keberadaan mayoritas partai koalisi yang berkuasa saat ini akan memberikan sentimen positif ke pasar keuangan Eropa. Partai koalisi akan mendukung kelanjutan program bailout Yunani yang telah berjalan hingga kini. Sementara bila partai koalisi tidak memperoleh suara yang cukup untuk berkuasa, perjalanan program bailiout akan mendapatkan hambatan dan memberikan sentimen negatif ke pasar keuangan Eropa.

Dari pasar komoditi, harga minyak mentah mendapatkan dorongan penguatan dari pergolakan yang terjadi di Libya yang merusak salah satu terminal ekspor minyak mentah utama Libya. Ini dikhawatirkan akan mengganggu suplai minyak mentah. Harga minyak mentah WTI berhasil rebound tipis, dari $54.49 ke level $55.20 per barel.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search