Market Movers: Pasar Mulai Mewaspadai FOMC

Market Movers: Pasar Mulai Mewaspadai FOMC

Selasa, 29 Oktober 2013 11:50:50 WIB

Monexnews - Dollar AS terlihat sedikit menguat dan indeks saham mulai tertahan penguatannya menjelang pengumuman keputusan rapat moneter bank sentral AS Kamis dinihari nanti (31/10). Meskipun sebagian besar pasar menganalisa bahwa Fed kemungkinan tidak akan memberlakukan tapering pada pertemuan Oktober ini bahkan hingga Maret 2013, para pelaku pasar tetap mewaspadai hasil rapat tersebut karena Federal Reserve mempunyai pertimbangannya sendiri dalam menentukan suatu keputusan. Beberapa data ekonomi AS yang terakhir menunjukkan pelemahan ekonomi AS yang mendukung pelemahan dollar dan menguatkan spekulasi bahwa Fed tidak akan melakukan tapering dalam waktu dekat.

Pagi ini telah dirilis data penjualan ritel dan belanja rumah tangga Jepang yang jauh di atas prediksi pasar. Penjualan ritel naik 3,1% di atas proyeksi 1,9% sementara belanja rumah tangga naik 3,7% di atas proyeksi 0,7%. Data ini tentunya memberikan sentimen positif ke pasar saham Jepang dan bisa mendorong penguatan yen.

Siang hari, pergerakan

euro mungkin bisa dipengaruhi oleh rilisan data survei iklim konsumen Jerman yang diperkirakan 7,3 di atas data sebelumnya 7,1. Bila data ini di atas proyeksi tentunya bisa memberikan sentimen positif bagi euro. Sementara poundsterling mendapatkan sentimen negatif dari komentar pejabat bank sentralnya Spencer Dale yang mengatakan tingkat suku bunga Inggris belum akan dinaikan dalam waktu dekat karena tingkat pertumbuhannya yang masih di bawah pra-krisis.

Dari AS, akan dirilis data penjualan ritel dan indeks harga produsen yang kemudian akan diikuti data tingkat keyakinan konsumen. Data penjualan ritel mungkin akan menjadi fokus karena menggambarkan daya beli domestic yang dapat menopang perekonomian AS. Data penjualan ritel bulanan diprediksi naik 0,3%. Data tingkat keyakinan konsumen juga akan menjadi penggerak dollar AS. Data tingkat keyakinan konsumen bulan ini diprediksi 76,0 di bawah data bulan sebelumnya 79,7.

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search