Market Movers: Penguatan Dollar AS Mulai Tertahan

Market Movers: Penguatan Dollar AS Mulai Tertahan

Selasa, 05 November 2013 10:28:52 WIB

Monexnews - Indeks dollar AS mulai berkonsolidasi setelah menguat tajam selama 6 hari terakhir. Banyaknya data penting AS yang akan dirilis pekan ini seperti ISM sektor jasa, klaim tunjangan pengangguran mingguan, GDP, Non Farm Payrolls, dan tingkat pengangguran, bisa menjadi alasan pasar untuk tidak mengambil posisi terlalu banyak di dollar AS terlebih dahulu.

Selain itu, bag

usnya data ekonomi dari negara partner AS seperti zona euro, Inggris dan Australia kemarin juga membantu menahan laju penguatan dollar AS. Data indeks manufaktur zona euro yang disurvei oleh Markit menunjukkan aktivitas manufaktur di zona euro masih berekspansi dan sesuai prediksi pasar, 51,3. Data indeks konstruksi Inggris menunjukkan peningkatan 59,4 vs data bulan sebelumnya 58,9. Dan data penjualan ritel Australia naik 0,8% lebih tinggi dari kenaikan bulan sebelumnya 0,5%.

Pagi ini pasar akan menyimak keputusan kebijakan moneter bank sentral Australia (RBA) dimana diperkirakan RBA tidak akan mengubah kebijakannya dan mungkin akan mempertahankan suku bunga di level yang sekarang hingga akhir tahun ini. Bila ini yang terjadi, bisa mendukung penguatan dollar Australia.

Sore hari, data PMI sektor jasa Inggris akan dirilis. Sektor jasa Inggris diperkirakan masih berekspansi dengan angka indeks 59,8 sedikit di bawah angka indeks bulan lalu 60,3. Bila hasilnya lebih bagus dari prediksi, bisa mengangkat GBP kembali. Selain itu, Komisi Eropa akan merilis proyeksi ekonomi Uni Eropa untuk 2 tahun ke depan. Proyeksi yang meningkat bisa menopang nilai tukar euro.

Dan malam hari, data ISM sektor jasa AS akan dirilis. Aktivitas sektor jasa AS juga masih diperkirakan berekspansi dengan angka indeks 54,0, sedikit di bawah angka indeks bulan sebelumnya 54,4. Hasil yang lebih bagus dari perkiraan bisa mengangkat nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia.

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search