Market Movers: Testimoni Ben Bernanke

Market Movers: Testimoni Ben Bernanke

Rabu, 17 Juli 2013 10:34:38 WIB

Monexnews - Testimoni Bernanke Malam ini di hadapan Komite Jasa Keuangan Parlemen AS akan menjadi klimaks pergerakan pasar keuangan hari ini. Seperti biasa Ben Bernanke akan menjawab pertanyaan seputar outlook ekonomi dan kebijakan moneter AS dari para anggota parlemen. Teks pidato testimoni Bernanke biasanya sudah dirilis sebelum acara testimoni dimulai. Jadi para pelaku pasar bisa membaca dan menganalisa terlebih dahulu teks testimoni tersebut.

Bulan Mei lalu saat Bernanke menjawab pertanyaan dari anggota parlemen dalam acara testimoni di hadapan komite gabungan parlemen, pasar keuangan menjadi sangat volatile dan

dollar AS menguat karena Bernanke mengungkapkan ada rencana pengurangan stimulus moneter. Bila kali ini Bernanke menyebutkan bahwa ekonomi AS masih memerlukan kebijakan yang sangat akomodatif, pasar kemungkinan akan bereaksi negatif terhadap dollar AS.

Sebelumnya pada sore hari serangkaian data ekonomi dari Inggris akan dirilis. Data hasil voting suku bunga dan program pembelian aset Bank of England (BOE) bisa menjadi market mover penting. Indikasi BOE yang masih akan mempertahankan pelonggaran moneter dengan kemungkinan akan melonggarkan kembali bisa menjadi faktor pelemah nilai tukar

sterling. Dan sebaliknya bila BOE tidak ada rencana untuk menambah stimulus, sterling bisa kembali menguat.

Data berikutnya adalah ada

tenaga kerja Claimant Count (Data klaim tunjangan pengangguran) dan data tingkat pengangguran. Buruknya data tenaga kerja Inggris juga bisa memperlemah nilai tukar sterling.

Sementara Swiss akan merilis survei kesehatan ekonomi Swiss oleh ZEW. Pada survei-survei sebelumnya, menunjukkan bahwa ekspektasi responden terhadap kesehatan ekonomi Swiss masih fluktuaktif. Data terakhir menunjukkan angka 2.2, sama dengan data bulan sebelumnya.

Dari AS, data perumahan akan dirilis yaitu data ijin membangun (Building permits) dan data rumah yang baru dibangun (Housing Starts). Kedua data perumahan ini dari waktu ke waktu menunjukkan peningkatan yang mengindikasikan pasar perumahan AS makin membaik. Bila data ini lebih bagus dari ekspektasi, bisa menjadi salah satu faktor penguat dollar AS.

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search