Market Movers: Volatilitas Membayangi Pasar Keuangan Karena Yunani

Market Movers: Volatilitas Membayangi Pasar Keuangan Karena Yunani

Rabu, 11 Februari 2015 10:18:03 WIB

Monexnews -Volatilitas membayangi pasar keuangan seiring dengan merebaknya masalah penolakan bailout oleh pemerintah Yunani yang baru. Setelah sempat terjadi sentimen risk aversion atau pengalihan resiko dimana para pelaku pasar memburu aset-aset aman, keadaan berbalik kembali dimana kekhawatiran pasar mereda. Komisi Eropa dilaporkan akan berupaya melakukan kompromi dengan Yunani dalam rapat darurat yang dilakukan hari ini. Kompromi ini diharapkan dapat memperpanjang waktu negosiasi kontrak baru antara Yunani dengan para kreditornya.

Rapat darurat Zona Euro yang akan diselenggarakan hari ini dan besok akan menjadi market mover bagi pelaku pasar keuangan. Bila terjadi kesepakatan baru dengan Yunani, sentimen risk appetite atau minat terhadap resiko akan masuk ke pasar keuangan dan instrumen-instrumen beresiko akan kembali dibeli pelaku pasar.

Hari ini Jepang libur memperingati hari Yayasan Nasional sehingga pergerakan Nikkei mendatar pagi ini. Sementara Hang Seng tertekan turun pasca laporan kuartalan Bank Sentral China yang menyebutkan akan mempertahankan kebijakan moneter saat ini. Hang Seng mungkin mendapatkan sentimen negatif dari data-data ekonomi China yang memburuk belakangan ini.

Sementara harga minyak mentah WTI kembali turun ke kisaran $50 per barel dari posisi $52 per barel kemarin karena data stok minyak mentah versi API (American Petroleum Institute) masih memperlihatkan kenaikan suplai sebesar 1,6 juta barel dibandingkan minggu sebelumnya. Harga minyak akan mendapatkan market mover dari laporan stok minyak Badan Informasi Energi AS nanti malam.

Dari bursa saham AS, beberapa laporan penghasilan akan dirilis yang akan mewarnai pergerakan harga saham di bursa saham AS malam ini. Laporan tersebut di antaranya dari Applied Materials, Baidu, Cisco, MetLife, Thomson Reuters Corp., dan Time Warner.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search