Market Movers: Yunani Tenggelamkan Aset Beresiko

Market Movers: Yunani Tenggelamkan Aset Beresiko

Senin, 06 Juli 2015 10:08:26 WIB

Monexnews - Instrumen beresiko (risk asset) mengalami tekanan di awal perdagangan hari ini merespon penolakan rakyat Yunani terhadap persyaratan utang dari para kreditur dalam referendum yang dilaksanakan di Hari Minggu kemarin. Ketidakpastian merebak di pasar keuangan dan para pelaku pasar menunggu respon dari pemerintah Yunani dan para kreditur menanggapi hasil referendum tersebut.

Indeks dollar AS dan harga emas dibuka dengan gap menguat dibandingkan penutupan di hari Jumat. Sementara indeks saham berjangka Asia dibuka turun. Nilai tukar euro dan mata uang ber-yield tinggi lainnya tertekan turun di awal sesi.

Di hari Minggu juga, pasar keuangan mendapat kabar dari China bahwa Bank Sentral China memberikan bantuan likuiditas kepada regulator bursa saham China. Dana bantuan ini akan dipinjamkan ke broker-broker yang selanjutnya akan dipinjamkan ke para investor untuk membeli saham. Bantuan dari bank sentral ini bertujuan untuk meredam kejatuhan pasar saham China dan meningkatkan keyakinan investor terhadap ekonomi China.

Selain soal Yunani, beberapa data ekonomi bisa menjadi market mover seperti data Pesanan Pabrik Jerman bulan Mei, data PMI Ivey Kanada bulan Juni dan data Indeks non-Manufaktur ISM AS bulan Juni. Data Pesanan Pabrik Jerman bulan Mei diperkirakan tidak ada pertumbuhan, data PMI Ivey Kanada bulan Juni diproyeksikan menunjukkan bisnis masih bertumbuh di Kanada namun tidak sekuat bulan sebelumnya dan data ISM non-Manufaktur AS bulan Juni diestimasi lebih bag
us dibandingkan bulan sebelumnya.

Yunani akan menjadi topik hangat di pasar keuangan hari ini dan mungkin sepanjang pekan ini. Pasar akan merespon komentar yang menggambarkan kelangsungan Yunani di Eropa.

Dari bursa saham Amerika Serikat, laporan earnings untuk kuartal ke-2 dari perusahaan yang terdaftar akan dirilis sepanjang bulan Juli ini. Hasil earnings yang melebihi ekspektasi pasar bisa mendorong penguatan harga saham yang bersangkutan. Jadwal laporan earnings bisa dilihat
di sini.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:
http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search