Bursa Asia Menghijau Meski Suasana Libur

Bursa Asia Menghijau Meski Suasana Libur

Jum'at, 29 Maret 2013 13:46:57 WIB

Monexnews - Bursa saham Asia secara umum menguat di perdagangan akhir pekan (Jumat, 29/3) seiring meredanya kekhawatiran krisis Eropa setelah perkantoran bank-bank di Cyprus di buka kembali dengan relatif tenang.

Selain itu, penguatan sejumlah indeks di Asia juga karena para pelaku pasar termotivasi oleh bursa Wall Street yang mencatatkan rekor penutupan tertinggi di tahun 2013 ini. Namun demikian secara keseluruhan, perdagangan nampak lesu lantaran sebagian besar pasar Asia hari ini libur berkenaan Paskah, seperti Australia, Singapura dan Hong Kong.

Bursa saham Amerika Serikat akhirnya menutup kuartal perdana 2013 dengan catatan manis. Kedua indeks utama itu berhasil merangsek ke rekor tertingginya masing-masing di bulan Maret. Indeks S&P 500 sukses melampaui level tertinggi sepanjang masa setelah ditutup di 1569.19, atau 4 poin di atas rekor Oktober 2007, yaitu 1565.15. Sedangkan indeks Dow Jones dan Nasdaq masing-masing menuai kenaikan 0,3% menuju level 14,578.54 dan 3,267.52.

Dan efeknya, indeks Nikkei Jepang serta

Kospi Korea Selatan berakhir di tutup di kisaran positif. Di lantai bursa Tokyo, indeks Nikkei berubah positif beberapa saat menjelang penutupan perdagangan berkat saham blue-chips teknologi dan elektronik mengalami rebound. Tercatat saham Kyocera Corp. melonjak 2.6%, sedangkan saham Tokyo Electron Ltd. melesat hingga 4.4%, dan Sharp Corp. berakhir dengan rally 1.5% setelah harian Nikkei melaporkan bahwa perusahaan itu berencana akan mengurangi separuh dari jumlah staf karyawan di kantor pusatnya. Sementara indeks Kospi Korea Selatan juga berakhir di kisaran positif terutama berkat ekspektasi atas kebijakan stimulus baru dari otoritas Seoul sehingga memberikan support terhadap minat untuk bereiko (risk appetite). Selain itu mata uang lokal yang menunjukkan sinyal stabil, juga turut membangkitkan kembali permintaan dari investor asing. Raksasa Samsung Electronics tercatat menguat 1.1% dan memperluas gain yang di dapat pada sesi kemarin. Alhasil, menutup bulan Maret ini, indeks utama Kospi berakhir denagn kenaikkan 0.6% atau sebanyak +11.37 poin di area 2004.89, sedangkan indeks Kospi futures juga berakhir dengan penguatan +1.00 poin di kisaran 264.90. Sementara indeks Nikkei Jepang berakhir dengan menuai gain 0.5% atau meraih untung sebanyak +61.95 poin dan ditutup di level 12397.91, dan indeks Nikkei futures juga ditutup dengan kenaikkan +25 poin pada level 12425.


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search