Ketegangan Geopolitik Kembali Membayangi Bursa Eropa

Ketegangan Geopolitik Kembali Membayangi Bursa Eropa

Jum'at, 14 Maret 2014 17:00:02 WIB

Monexnews - Sebagian besar saham Eropa kembali diperdagangkan melemah pada hari Jumat menjelang berlangsungnya referendum di Crimea pada akhir pekan nanti, dengan mood investor juga terbebani oleh kekhawatiran tentang pertumbuhan China.

DAX

Jerman dan CAC40 tergelincir ke zona merah, dengan masing-masing kehilangan 0,45% dan 0,75%. Begitu pula dengan FTSE Inggris yang terpantau merosot 0,3% dalam 2 jam pertama perdagangan.

Eskalasi tensi ketegangan di wilayah

Ukraina kembali mendominasi sentimen pasar seiring terus berlanjutnya upaya-upaya diplomatik menjelang referendum hari Minggu.

Pada hari Kamis kemarin PM sementara Ukraina, Arseniy Yatsenyuk, di depan

PBB telah mendesak Rusia untuk bernegosiasi mengakhiri kebuntuan. Sementara Kanselir Jerman Angela Merkel memperingatkan tentang resiko yang mungkin terjadi jika Rusia tidak mengurungkan niatnya mencaplok semenanjung Crimea.

Pernyataan keras juga dilontarkan Menteri Luar Negeri AS, John

Kerry, yang mengatakan jika AS dan blok Barat akan merespon dengan serangkaian langkah-langkah serius jika Rusia terus mendukung referendum di Crimea. Rusia sendiri dikabarkan tengah melakukan latihan militer di dekat perbatasan Ukraina.

Selain ketegangan di Eropa timur, kekhawatiran tentang pertumbuhan China juga masih menghantui sentimen pasar. Ekonomi terbesar ke-2 di dunia pada hari Kamis lalu merilis angka penjualan

ritel dan output industri bulan Februari yang lebih lemah dari ekspektasi, yang memicu kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi China. Dari sisi fundamental, pelaku pasar nampaknya tidak terlalu menggubris data inflasi Jerman bulan Februari yang dirilis sesuai perkiraan. Harga konsumen Jerman tumbuh 0,5% dari bulan Januari dan meningkat 1,2% dibandingkan setahun sebelumnya. (vid)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search