Kinerja Bursa Saham Eropa Terbaik Sejak 2013 Didukung Saham Teknologi

Kinerja Bursa Saham Eropa Terbaik Sejak 2013 Didukung Saham Teknologi

Jum'at, 29 Desember 2017 16:33:30 WIB

Monexnews - Bursa Saham Eropa menguat pada sesi pembukaan perdagangan Jumat (29/12/2017), hari terakhir tahun 2017. Di akhir penutupan nanti, bursa saham Eropa diperkirakan akan mencatat kenaikan terkuat mereka sejak 2013 berkat lonjakan antara lain, saham teknologi dan sektor sumber daya yang kuat.

Indeks pan-European STOXX 600 (STOXX) naik tipis cenderung mendatar ke 389.59, lebih tinggi 0.01 persen , sementara indeks saham

blue chip zona euro (STOXX50E) turun 0,1 persen.

FTSE 100 Inggris mencapai rekor baru dan 0,1 persen lebih tinggi, sementara indeks saham bursa Italia (FTMIB) turun hanya 0,2 persen setelah presiden membubarkan parlemen pada hari Kamis dan hari pemilihan umum dijadwalkan pada 4 Maret.

Secara keseluruhan 2017 telah menjadi tahun yang positif bagi saham Eropa, didorong oleh pendapatan perusahaan yang kuat, latar belakang ekonomi yang mendukung dan tidak ada gangguan politik utama.

STOXX di tahun ini akan berakhir dengan kenaikan sekitar 8 persen, tahun terkuatnya sejak 2013. sementara indeks acuan bursa saham Jerman (GDAXI) dan Italia (FTMIB) menjadi indeks paling menonjol, dengan kenaikan 13 persen dan 14,7 persen pada tahun ini.

Pasar saham negara-negara lain di zona euro juga mencapai kinerja baik di tahun ini, dengan indeks acuan Bursa Yunani (ATG) naik lebih dari 24 persen sementara Portugal (PSI20) telah menguat 14,5 persen. Indeks negara-negara maju lain meraih pertumbuhan kurang dari 10 persen, seperti FTSE 100 Inggris (FTSE) yang naik 6,9 persen, demikian pula IBEX Spanyol (IBEX), yang naik 7,8 persen.

Ketidakpastian Brexit dan pelemahan nilai poundsterling telah mengurangi minat investor terhadap ekuitas Inggris.

Diantara sektor-sektor, saham teknologi berbasis Eropa (SX8P) mengalami lonjakan tertinggi dengan kenaikan mendekati 20 persen , diikuti oleh saham sumber daya dasar (SXPP). Saham produsen chip AMS (S: AMS) menjadi saham dengan kinerja paling moncer di STOXX, dengan lonjakan 206 persen pada 2017.

Saham-saham sektor telekomunikasi (SXKP), retail (SXRP) dan media (SXMP) mengalami penurunan harga di tahun ini, dengan kerugian yang berkisar antara 2,2 sampai 3,7 persen.

(Irdy)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search