Shanghai Amblas Akibat Pesimisme Data China

Shanghai Amblas Akibat Pesimisme Data China

Selasa, 15 April 2014 13:45:43 WIB

Monexnews -

Pasar Shanghai China kembali terkoreksi di perdagangan hari Selasa (15/4) sekaligus memimpin penurunan di pasar Asia setelah data menunjukkan uang yang beredar di dalam perekonomian terbesar kedua dunia ini tumbuh pada laju paling lemah dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Kegelisahan dan kewaspadaan juga turut mewarnai investor hari ini menjelang di rilisnya sederet data ekonomi China yang sedianya akan tayang hari Rabu besok (16/4). Setidaknya data GDP China kuartal-I, data retail sales bulan Maret dan industrial output akan rilis besok. Sentimen para investor juga terpukul setelah muncul laporan bahwa Bank Sentral China (PBOC) melakukan penarikan uang (menyerap uang) dari pasar secara masif sehingga langkah tersebut mencatat penyerapan uang terbesarnya dalam satu hari sejak bulan Februari lalu. Data yang rilis hari ini menunjukkan angka money supply tahunan China tercatat menurun drastis menjadi 12.1% di bulan Maret, dari bulan sebelumnya di angka 13.3%. Dan sikap pesimis investor sebenarnya mulai nampak setelah angka inflasi konsumen China (CPI y/y) bulan Maret meleset di bawah ekspektasi termasuk inflasi harga produsen (PPI y/y) bulan Maret yang kian mengecewakan. Bahkan di awal bulan ini, data manufaktur PMI - HSBC bulan Maret juga tercatat menurun. Di lantai bursa Shanghai nampak saham berbasis finansial menjadi top losers setelah saham Citic Securities, Shanghai Pudong dan Hua Xia Bank masing-masing anjlok hingga lebih dari 2 persen. Sementara indeks utama Shanghai komposit China tercatat merosot hingga (-1.36%) atau tergerus hingga (-29.03) poin pada kisaran 2102.51. (dar)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search