FTSE Koreksi; Trend Bearish Masih Dominan

FTSE Koreksi; Trend Bearish Masih Dominan

Kamis, 12 Maret 2015 12:04:26 WIB

Monexnews -

FTSE mencatat penguatan sesi Rabu, walau terbatas dan bersifat koreksi setelah sesi Selasa mencatat pelemahan sangat signifikan. Data-data ekonomi Ingris yang buruk dan kuatnya nilai tukar dollar membebani bursa FTSE, tetapi pelemahan mata uang Euro dan GBP sedikit memberikan dukungan.

Langkah pemotongan suku bunga dari Korea Selatan mengejutkan pasar pada hari Kamis membantu mengangkat bursa indeks Asia dari sesi sebelumnya yang terus melemah, sementara prospek kenaikan suku bunga US mengangkat dollar.

Kebijakan moneter terbaru Bank of Korea melakukan pemotongan suku bunga sebesar 25 basis point mencatat rekor low pada 1.75%, langkah pemotongan pertamanya sejak 5 bulan terakhir. Mereka mengikuti bank sentral negara negara lainnya yang beberapa waktu terakhir mengambil langkah pelonggaran akibat rendahnya inflasi dan pertumbuhan yang melambat.

Bank of Thailand juga secara mengejutkan melakukan pemotongan suku bunga pada hari Rabu, dan India telah melakukan pemotongan suku bunga 2 kali dalam tahun ini. China juga telah melakukan pemotongan 2 kali, dan masih mungkin melakukan langkah pelonggaran lebih jauh. Sementara Singapura, Indonesia dan Australia juga telah memotong suku bunga-nya.

Data pekerjaan US yang menguat dengan mengejutkan pada Jumat lalu memicu ekspektasi Federal Reserve mungkin menaikan suku bunga secepatnya pada bulan Juni, walau beberapa investor dan analis masih kuatir pertumbuhan ekonomi US belum siap menghadapi hal tersebut.

Berlawanan, ECB memulai program stimulus-nya pada minggu ini. Perbedaan kebijakan ini memicu para pelaku pasar menempatkan dananya pada dollar dibanding Euro. Pelemahan Euro ini menjadi penopang bursa-bursa eropa, sementara penguatan dollar memukul saham-saham US terutama perusahaan multinasionalnya. Prospek kenaikan suku bunga US juga menghantui bursa-bursa pada negara-negara berkembang yang sebelumnya naik disebabkan harapan return yang lebih besar.

Trend Bearish.

Res : 6739.5 - 6780.0 - 6813.0
Sup : 6674.0 - 6608.5 - 6568.0

(andian)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search