Jepang Tingkatkan Anggaran Belanja Militer

Jepang Tingkatkan Anggaran Belanja Militer

Rabu, 10 Juli 2013 18:48:56 WIB

Monexnews -

Blueprint yang akan dirilis pemerintahan PM Shinzo Abe menunjukkan bahwa pemerintah Jepang siap menghadapi ancaman keamanan nasional yang mengharuskannya meningkatkan kemampuan militer, selain menuntut hubungan yang lebih kuat dengan Amerika Serikat menyusul sengketa wilayah dengan Cina serta meningkatnya sikap permusuhan Korea Utara.

Kebijakan Abe kini lebih bersifat nasionalis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain memusatkan perhatian pada peningkatan kewaspadaan. Pemerintahan Abe telah menaikkan belanja tahunan pertahanan Jepang untuk pertama kalinya dalam 11 tahun hingga 0,7% menjadi sekitar $46 miliar.

Selain itu Tokyo memberikan deskripsi mengenai kian kuatnya pengaruh militer Cina serta semakin kukuhnya posisi klaim wilayah negeri tersebut. Menurut Tokyo, Cina menggunakan siasat yang dipandang arogan yang di antaranya adalah upaya menggunakan kekuatan untuk mengubah status quo. Pasalnya, [Cina] mendesakkan klaim yang tidak berjalan seiring dengan aturan internasional. Menurut buku putih itu, ada tindakan berbahaya yang memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan. Hal tersebut membuat kami prihatin dengan situasi mendatang.

Pernyataan merujuk kepada insiden Januari saat Jepang merasa armada laut Cina mengunci pasukan bela diri Jepang dengan radar pemandu senjata di dekat kepulauan di Laut Cina Timur yang berada dalam sengketa.

Beijing merespons bahwa Jepang seharusnya dapat lebih bersikap sopan dan berupaya meningkatkan kepercayaan politis dan meningkatkan perdamaian serta stabilitas regional. Terkait dengan sengketa wilayah, Beijing mengatakan Cina selama ini telah mendesak untuk menyelesaikan perselisihan melalui dialog, namun pada saat yang sama, Cina takkan membiarkan negara mana pun melanggar integritas wilayahnya.

(Sap)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search