Pertumbuhan Bisnis di Zona Euro Melambat di Bulan Oktober

Pertumbuhan Bisnis di Zona Euro Melambat di Bulan Oktober

Kamis, 24 Oktober 2013 16:37:21 WIB

Monexnews - Laju pertumbuhan sektor usaha di zona euro di luar dugaan mereda bulan ini seiring tingkat permintaan untuk sektor jasa di pada bulan September lalu memudar, menurut hasil survey bisnis pada hari Kamis. PMI gabungan dari Markit turun menjadi 51.5 dari level tinggi 2 tahun pada bulan September pada 52.2, di bawah perkiraan ekonom yang memperkirakan kenaikan menjadi 52.5. Survey menunjukkan sementara pemulihan ekonomi di kawasan Eropa berlangsung, namun lajunya berjalan lambat.

"Ada sinyal pemulihan secara luas. Hal tersebut sesuai dengan perkiraan European Central bank, pemulihan yang lambat, tidak merata, dan rapuh," ucap Chris Williamson, kepala ekonom pada Markit. Williamson mengatakan PMI yang merupakan hasil survey ribuan perusahaan di kawasan dan digunakan sebagai panduan untuk menentukan laju pertumbuhan ekonomi masih mengacu pada eskpansi sebesar 0.1-0.2% kuartal ini, sesuai dengan hasil survey dari Reuters awal bulan ini.

Berhasil keluar dari resesi pada kuartal kedua, terdukung oleh kuatnya tingkat pertumbuhan Jerman, tingkat pertumbuhan zona euro saati ini diperkirakan akan berjalan lambat setidaknya hingga tahun 2015. Bulan ini pabrik-pabrik di Jerman, negara perekonomian terbesar Eropa, kembali bertambah cepat, sesuai perkiraan, meski laju pertumbuhan industri jasa di Jerman mencetak penurunan yang mengejutkan. Situasi di Perancis juga memburuk, dimana aktivitas

manufaktur turun dalam laju yang lebih cepat dan ekspansi sektor jasa melambat.

(xiang)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search