Perusahaan China Tinggalkan Perangkat IT Buatan Amerika

Perusahaan China Tinggalkan Perangkat IT Buatan Amerika

Kamis, 26 Juni 2014 12:22:54 WIB

Monexnews - Pemerintah dan pelaku industri internet China memberangus produk-produk jaringan komputer buatan Amerika Serikat. Langkah ini diambil sebagai bentuk proteksi terhadap merek asli dalam negeri Tiongkok.

Perusahaan E-commerce dan perbankan China mencabut penggunaan piranti keras dan melakukan uninstall terhadap software yang terka
it dengan server utamanya masing-masing. 'Pembongkaran' itu dilakukan hanya untuk produk jaringan dan software buatan perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat. Mulai sekarang, perusahaan China yang selama ini akrab dengan produk buatan Negeri Paman Sam harus mengubah haluannya dengan memakai produk anak negeri untuk alasan keamanan dan efisiensi.

Seperti diketahui, sebagian besar hardware jaringan dan server perusahaan dunia didominasi oleh merek-merek seperti IBM, Oracle dan EMC. Di China, ketiganya bahkan sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam
sistem IT korporat. Fanatisme inilah yang membuat perusahaan dalam negeri seperti Huawei dan Inspur sulit berkembang. Sementara perusahaan jual beli online terbesar, Alibaba, sudah mempunyai jaringan komputernya sendiri berbasis software open source hardware lokal. Alibaba bahkan sudah memulai nasionalisasi sistem sejak 2008 silam atas perintah direksinya. Direktur IT Alibaba, Wang Jian, meminta jajarannya untuk menghentikan kontrak dengan supplier asing dan menyuplai sendiri kebutuhan sistem teknologinya. Langkah inilah yang sekarang mulai diikuti oleh perusahaan dan bank-bank asal China. Selain untuk membantu industri IT domestik, penggunaan jaringan server lokal beserta perangkat penunjangnya dianggap lebih aman dan bebas dari mata-mata asing.



(dim)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search