PM Abe Akan Nominasikan Kuroda Kembali di Depan Parlemen

PM Abe Akan Nominasikan Kuroda Kembali di Depan Parlemen

Senin, 12 Februari 2018 17:27:02 WIB

Perdana Menteri jepang, Shinzo Abe, akan menominasikan kembali Haruhiko Kuroda sebagai gubernur bank sentral Jepang (BoJ) untuk periode kedua bagi Kuroda. Hal ini dinilai dapat mengurangi tekanan pada yen dan bursa saham Tokyo.

Pemilihan Kuroda menunjukan bahwa Abe ingin melanjutkan program stimulus moneter seperti kebijakan ultra-easy yang dicanangkan oleh Kuroda. Abe juga telah mengatakan di depan parlemen bahwa Kuroda telah memperlihatkan kinerjanya dengan baik. Meski inflasi Jepang belum mencapai target, namun di tangan Kuroda GDP Jepang telah mencapai ekspansi terpanjang sejak pertengahan tahun 1990.

Survei Bloomberg pada Januari lalu menunjukan pengangkatan kembali Kuroda yang akan berakhir pada 8 April mendatang dapat memberikan keseimbangan dalam pasar.

"Ini akan memberi sinyal bahwa BoJ akan mempertahankan kebijakan ultra-longgarnya, sementara AS akan meningkatkan suku bungan acuannya. Ini akan menstabilkan pasar sampai tingkat tertentu", ungkap Takeshi Minami, kepala ekonom di Norinchukin Research Institute.

Keputusan akhirnya nanti diserahkan kepada parlemen bulan Maret mendatang, di mana mayoritas dipenuhi oleh koalisi Abe.

(dny)


Lihat Disclaimer
   
 
 
 
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search