ING : Risiko Politik Mengurangi Tren Bullis Euro

ING : Risiko Politik Mengurangi Tren Bullis Euro

Selasa, 03 Oktober 2017 15:52:44 WIB

Monexnews -Peristiwa politik di Jerman dan Spanyol dalam beberapa minggu terakhir telah berdampak pada pelemahan euro sekaligus memberi gambaran bagaimana reaksi investor terhadap risiko politik di zona euro, demikian pandangan analis ING. Di Jerman, kemenangan Angela Merkel yang kembali menjabat perdana menteri tidak memuaskan pasar karena kehilangan kursi mayoritas di parlemen sekaligus adanya kenaikan kursi partai sayap kanan yang anti euro, sementara di Spanyol, referendum kemerdekaan Catalonia menimbulkan kekacauan politik.

"Sejak pemilihan Prancis (dimana kubu garis keras kalah), kami mencatat bahwa EUR mungkin telah menjadi 'surga politik' - terutama jika dibandingkan mata uang G4 lainnya (yaitu USD dan GBP). Namun, kembalinya sentimen 'pemilih populis' merupakan pengingat bahwa risiko politik belum sepenuhnya mereda bagi euro , jelas laporan ING yang dipublikasikan di situs resmi ING.

Di Maret atau April 2018 akan ada risiko politik lain yaitu Pemilu Italia dimana semakin bertambahnya partai yang anti Uni Eropa dan anti imigran seperti partai Gerakan Bintang Lima (M5S) dan partai Popular Alternative yang menolak memberikan status kewarganegaraan Italia bagi anak imigran.

Ini mungkin lebih menjadi perhatian bagi investor jangka menengah, " imbuh laporan ini.

"Kami mencatat bahwa edisi normalisasi kebijakan ECB memberikan dukungan ke EUR. Tidak seperti kejadian-kejadian sebelumnya ketika risiko politik Eropa yang mempengaruhi nilai euro, kita sekarang memiliki faktor penggerak dari ECB yang ingin memperketat - atau menormalkan - kebijakan moneter, paparnya.

Sentimen pengurangan stimulus ECB menjaga

EURUSD di level support sekitar 1.17 - meskipun jika tembus bisa menuju 1.15-1.16.

(Irdy)


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search