Alibaba Akusisi ChinaVision Senilai 804 Juta Dollar

Alibaba Akusisi ChinaVision Senilai 804 Juta Dollar

Rabu, 12 Maret 2014 14:21:29 WIB

Monexnews - Perusahaan e-commerce terbesar China, Alibaba Group, telah sepakat untuk membeli saham mayoritas pada ChinaVision Media Group senilai 804 juta dollar, memberikannya akses pada konten TV dan film seiring kompetisi pada pasar internet terbesar di dunia semakin ketat. Kesepakatan tersebut, yang melejitkan nilai saham ChinaVision, terjadi di tengah sejumlah kesepakatan seiring Alibaba, raksasa sosial media Tencent Holdings dan situs pencari Baidu masing-masing mencoba untuk berekspansi.

Pekan ini Tencent mengatakan akan mengambil alih saham pada peritel no.2 di China JD.com, dengan kerjasama baru tersebut akan menyerang bagian lemah dari Alibaba, yaitu pada mobile. Akuisisi Alibaba terhadap konten TV dan film bertujuan untuk mempertahankan pengguna saat ini dan menarik pengguna baru, dan menyusul peluncuran sistem operasi Ali TV Juli lalu dan juga platform mobile gaming tahun ini. ChinaVision dan Alibaba mengatakan mereka akan membentuk komite strategis untuk mencai peluang pada sektor hiburan online dan media. Alibaba secara subside akan membeli 60% dari saham ChinaVision senilai HK$0.50 per lembar saham, potongan harga sekitar 21% dari level penutupan saham sebelumnya. Saham milik ChinaVision melonjak lebih dari 3 kali lipat menjadi sekitar HK$2.27 pada awal sesi perdagangan. Tencent, yang telah memiliki saham sebesar 8% pada ChinaVision, akan melihat sahamnya menyusut menjadi 3% setelah kesepakatan dengan Alibaba. Kesepakatan tersebut juga dilakukan seiring Alibaba mempersiapkan diri untuk IPO. Perusahaan dinilai sekitar 140 milyar dollar, menurut rata-rata estimasi analis. Dalam kesepakatan dengan ChinaVision, Goldman Sachs menjadi penasehat Alibaba, sementara Reorient Financial Markets adlah penasehat keuangan ChinaVision. (xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search