Apple Janjikan Angka Penjualan iPhone yang Lebih Baik

Apple Janjikan Angka Penjualan iPhone yang Lebih Baik

Selasa, 28 Januari 2014 10:57:58 WIB

Monexnews - Dalam tiga bulan terakhir 2013, Apple Inc sukses menjual 51 juta iPhone kepada konsumen di seluruh dunia. Meskipun jumlah sebanyak itu tergolong besar bagi pos penjualan suatu produk elektronik, tidak demikian halnya di mata analis keuangan dan investor. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini gagal memenuhi target angka penjualan iPhone yang dipatok oleh lembaga-lembaga keuangan, yakni sebanyak 57 juta unit. Jumlah iPhone yang dipinang oleh konsumen di kuartal akhir tahun lalu memang lebih banyak dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun 2012 (47.8 juta), akan tetapi varian 5S dan 5c diharapkan mampu menjaring lebih banyak pembeli, khususnya di negara berkembang. Uniknya, penjualan di negara dengan status emerging markets tidaklah terlalu mengecewakan. Di China, angka penjualan melonjak 29% walaupun pihak Apple belum menjalin kerjasama distribusi dengan operator terbesar dunia yang berasal dari negeri tirai bambu, China Mobile. Kalaupun ada yang kurang bisa diterima oleh pihak direksi, tak lain adalah lemahnya permintaan di wilayah Amerika sendiri. Penjualan di area Amerika Utara merosot 1% dibandingkan kuartal IV 2012. Dalam conference call dengan investornya, CEO Apple, Tim Cook, mengatakan perusahaannya butuh waktu untuk menjual lebih banyak produk. Mengingat untuk saat ini saja, Apple sudah kebanjiran pesanan iPhone 5S yang jumlahnya melampaui perkiraan. Oleh karena itu, Cook menjanjikan angka penjualan yang lebih baik pada kuartal-kuartal mendatang. Prospek Bisnis Selain angka sales yang kurang memuaskan, target atau outlook bisnis Apple juga dipatok rendah. Direksi menargetkan kenaikan angka penjualan antara $42 miliar dan $44 miliar untuk kuartal yang sedang berjalan, jauh lebih rendah dibandingkan harapan analis yakni sebesar $46 miliar. Pasca pengumuman laporan laba rugi, harga saham Apple merosot 8% pada sesi after-hours pagi ini. Pun demikian, investor masih bisa mengambil sisi positif dari laporan finansial kuartal IV Apple. Salah satu emiten termahal di Wall Street ini masih mampu menjual 4.8 unit komputer Mac, atau 17% lebih banyak dibandingkan satu tahun sebelumnya. Sementara jumlah penjualan iPad juga meningkat ke rekor baru, 26 juta unit di seluruh dunia.
[Harga saham Apple Inc (NASDAQ:AAPL) ditutup pada posisi $550.50 pada sesi reguler hari Senin (27/01) atau naik 0.81%. Namun harga kembali melemah 8.08% ke $506.00 pasca sesi reguler.] (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search