Berkompetisi di Eropa, FedEx Akuisisi TNT

Berkompetisi di Eropa, FedEx Akuisisi TNT

Rabu, 08 April 2015 05:56:30 WIB

Monexnews - FedEx Corp akan membeli perusahaan pengiriman paket asal Belanda, TNT Express dalam kesepakatan senilai 4.4 milyar euro (4.8 milyar dollar), dalam usaha untuk bersaing dengan rivalnya United Parcel Service dan Deutsche Post di Eropa. Badan regulasi Eropa melarang pengambilalihan TNT oleh UPS tahun 2013 lalu akibat kecemasan hal tersebut akan memudarkan kompetisi, namun analis mengatakan FedEx, dengan armada udaranya yang kuat, akan melengkapi jaringan jalanan TNT yang cukup besar di Eropa. CEO FedEx, Fred Smith, mengatakan bahwa kendati tingkat pertumbuhan di Eropa cukup rendah, namun Eropa masih menjadi pasar yang besar bagi ekspor impor. TNT memberikan FedEx akses pada layanan di Eropa dan dalam negeri Inggris sedang pasar di Perancis, area di mana FedEx belum menjadi pemain besar, ucap Smith, sementara pelanggan TNT akan dapat mengakses platform distribusi global milik FedEx.

Analis ING memperkirakan DHL milik Deutsche Post saat ini memiliki bagian pasar sebeasr 19% di Eropa, diikuti oleh UPS dengan 16%, TNT dengan 12% dan FedEX dengan 5%, yang berarti kesepakatan tersebut dapat melambungkan posisi FedEx menuju tempat kedua. FedEx akan menawarkan uang tunai 8 euro per lembar saham umum TNT, premi sebeasr 33% dari level penutupan pekan lalu, meski berada di bawah tawaran UPS di tahun 2013 sebesar 9.5 euro. FedEx akan membiayai kesepakatan tersebut dengan pinjaman, menjadi perusahaan terkini yang memanfaatkan tingkat suku bunga rendah. Saham TNT naik hampir 30% pada hari Tuesday, mendekati nilai tawaran dari FedEx, sementara saham FedEx naik sebanyak 3.6%.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search