Foxconn Akan Dirikan Pabrik Chip Senilai $ 9 Miliar di China

Foxconn Akan Dirikan Pabrik Chip Senilai $ 9 Miliar di China

Jum'at, 21 Desember 2018 18:48:35 WIB

Foxconn, perusahaan Taiwan perakit smartphone iPhone, sedang dalam tahap akhir perundingan dengan pemerintah lokal di kota Zhuhai, Cina untuk membangun pabrik chip di sana dengan total investasi sekitar $ 9 miliar, harian bisnis Nikkei melaporkan pada hari Jumat.

Investasi total bisa menambah hingga sekitar 60 miliar yuan, atau $ 9 miliar, yang sebagian besar akan ditanggung oleh pemerintah Zhuhai melalui subsidi dan keringanan pajak, kata harian bisnis Nikkei, mengutip orang-orang yang akrab dengan masalah inii.

Zhuhai adalah sebuah kota di provinsi Guangdong, Cina selatan, dekat Macau. Rencana untuk membangun pabrik mutakhir dilakukan di tengah-tengah sengketa perdagangan antara AS dan China, yang mencakup kekhawatiran tentang China yang memperluas produksi microchip.

Foxconn diharapkan untuk membentuk usaha patungan untuk proyek dengan kelompok elektronik Jepang Sharp, yang diakuisisi pada tahun 2016, dan pemerintah Zhuhai, kata Nikkei, mengutip sumber industri.

Sharp adalah satu-satunya anak perusahaan Foxconn dengan pengalaman manufaktur chip, kata Nikkei. Namun, perusahaan Jepang itu berhenti mengembangkan teknologi semikonduktor ketika mengalami masalah keuangan pada tahun 2010.

Sebuah sumber yang dekat dengan masalah itu mengatakan kepada Reuters bahwa Sharp tidak terlibat dalam pembicaraan itu.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search