Huawei Geser iPhone dari Posisi Kedua Smartphone Terlaris

Huawei Geser iPhone dari Posisi Kedua Smartphone Terlaris

Rabu, 01 Agustus 2018 17:50:18 WIB

Huawei menggeser posisi iPhone dari posisi kedua dalam penjualan smartphone terbanyak selama kuartal kedua lalu. Posisi pertama penjualan smartphone terbanyak masih dipegang Samsung.

Apple melaporkan labanya selama kuartal kedua yang mencapai Rp165 triliun namun pembuat iPhone kehilangan posisinya sebagai vendor smartphone nomor dua di dunia, menurut data beberapa analis.

Perusahaan riset International Data Corporation (IDC), Counterpoint Research, IHS Markit dan Canalys melaporkan bahwa pembuat ponsel pintar China Huawei berhasil menggeser Apple dari posisi kedua, berdasarkan jumlah perangkat yang dikirim kedua perusahaan pada kuartal yang berakhir pada 30 Juni lalu.

Menurut data awal IDC, Huawei mengirim sekitar 54,2 juta handset untuk kuartal ini, mencatat pertumbuhan sebesar 40,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, Apple mengirim sekitar 41,3 juta unit, tumbuh 0,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Jumlah handset terjual iPhone ini meleset dari estimasi para analis di Wall Street yaitu 41,79 juta unit.

Penjualan handset Huawei ini meningkatkan pangsa pasar global Huawei menjadi 15,8 persen dan Apple menjadi 12,1 persen.

Analis mengatakan bahwa Huawei menambahkan lebih banyak fitur top-end ke smartphone andalannya. Misalnya, perusahaan menambahkan tiga kamera pada perangkat P20 Pro-nya. Akibatnya, Huawei semakin "meningkatkan pengenalan merek di Eropa dan Asia" yang memungkinkan perusahaan untuk menantang produsen smartphone lainnya seperti Samsung di banyak tingkatan harga, menurut Gerrit Schneemann, analis riset senior untuk smartphone di IHS Markit.

Samsung tetap menjadi pemimpin pasar dengan pangsa pasar 20,9 persen setelah berhasil mengirim 71,5 juta perangkat ke pasar selama kuartal lalu. Samsung mengalami penurunan jumlah pengiriman handset sebesar 10,4 persen secara tahunan dan kemungkinan akan menghadapi kesulitan dalam bisnis mobile-nya di kuartal mendatang.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search