IPO, Harga Xiaomi Ditutup Melemah 6%

IPO, Harga Xiaomi Ditutup Melemah 6%

Senin, 09 Juli 2018 16:22:29 WIB

Harga saham Xiaomi turun sebanyak 6% pada hari perdana pencatatan sahamnya atau IPO di bursa Hong Kong hari ini, Senin (9/7/2018), seiring meningkatnya tensi perang perdagangan AS-China dan ketidakpastian tentang valuasi perusahaan Xiaomi yang dinilai terlalu mahal.

Pembuat smartphone Cina berusia delapan tahun diperdagangkan pada HK $ 16 per saham saat penutupan dibandingkan dengan harga penawaran umum perdana HK $ 17. Itu menempatkan perusahaan yang didirikan oleh miliarder Lei Jun menjadi saham berkinerja terburuk di hari pertama untuk IPO Hong Kong senilai 1 miliar dolar AS sejak 2011. Nilai pasar Xiaomi kini berada di sekitar $ 50 miliar, menjadi pembuat perangkat seluler terbesar ketiga di dunia tetapi jauh dari $ 100 miliar yang disebut-sebut tahun lalu.

Kegagalan profil IPO Xiaomi mungkin memiliki efek yang buruk pada perusahaan teknologi China yang tertarik untuk meningkatkan modal tahun ini melalui mekanisme IPO, dari Meituan Dianping di Hong Kong ke Tencent Music di AS. Ini adalah strategi dari produsen ponsel cerdas yang ambisius untuk memperluas pasar global dan mengubah dari perusahaan perangkat keras dengan margin rendah menjadi pemain layanan internet dalam cetakan Apple.

Berdasarkan kalkulasi, harga saham IPO Xiaomi berdasarkan price earning ratio (PER) ternyata beberapa kali lipat lebih tinggi dari raksasa teknologi yang lebih mapan, termasuk Apple, Tencent dan Facebook. Ini juga merupakan kekecewaan bagi Hong Kong, yang tahun ini merevisi peraturan untuk memungkinkan perusahaan teknologi dengan struktur suara yang tidak seimbang seperti Xiaomi untuk go public.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search