Obati Kekecewaan Konsumen, Amazon Hadiahkan Voucher

Obati Kekecewaan Konsumen, Amazon Hadiahkan Voucher

Jum'at, 27 Desember 2013 12:39:28 WIB

Monexnews - Kepuasan konsumen tidak hanya bergantung pada kualitas produk, namun juga layanan purna jual suatu perusahaan. After-sales yang buruk kerap membuat pembeli menjauh karena merasa tidak diperhatikan. Prinsip yang sama juga berlaku di industri jual beli online. Amazon mengumumkan program restitusi atau ganti rugi atas keterlambatan waktu tempuh pengiriman barang ke tangan konsumen pada hari Natal lalu. Sebagai tanda permintaan maaf, perusahaan jual beli online terbesar Amerika ini menghadiahkan voucher pembelian senilai $20. Seperti diketahui, ramainya lalu lintas pengiriman barang oleh pihak ekspedisi pada libur natal tahun ini membuat beberapa produk terlambat sampai di tempat tujuan. Hal itu tentu menyisakan kekecewaan karena sebagian besar barang merupakan hadiah natal yang diberikan oleh pihak pembeli kepada rekan dan kerabatnya. Untuk mengobati kekecewaan pelanggannya, Amazon memberi voucher hadiah kepada pembeli yang pesanan produknya telat sampai di tangan. Sebenarnya keterlambatan paket bukan menjadi tanggung jawab Amazon, namun lebih kepada kesalahan pihak ekspedisi yaitu UPS dan FedEx. Kedua perusahaan itu mengakui jalau pengiriman barang melonjak drastis akhir tahun sehingga mereka kewalahan. "Kami tidak memperkirakan jumlah permintaan sampai sebesar ini," ujar juru bicara UPS kepada Wall Street Journal. Selain faktor order, perusahaan juga mengakui kondisi cuaca yang kurang bersahabat turut berperan dalam proses pengiriman barang. Pihak Amazon tidak membantah kalau jumlah pengiriman barang yang mereka urus mencapai rekor terbesarnya pada musim liburan 2013. Namun demikian, pihak direksi belum mau mengumumkan total omsetnya kepada publik. Selain Amazon, situs belanja Groupon juga melakukan hal serupa sebagai cara untuk meminta maaf kepada pelanggan setianya. Groupon menawarkan voucher hadiah senilai $25 kepada pihak konsumen yang tidak menerima pesanannya sesuai waktu yang dijanjikan.
*Harga saham Amazon (NASDAQ:AMZN) tercatat pada posisi penutupan $404.39 di sesi perdagangan Kamis (26/12) atau naik 1.30%. (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search