Pertama Kali dalam Sejarah, BigMac Bisa Dibeli di Vietnam

Pertama Kali dalam Sejarah, BigMac Bisa Dibeli di Vietnam

Selasa, 11 Februari 2014 11:43:40 WIB

Monexnews - Cita-cita McDonald's untuk menaklukkan dunia nyaris menjadi kenyataan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, restoran cepat saji ini membuka gerai di Vietnam, negara yang dulu pernah berseteru dengan Amerika Serikat. Peluncuran resto McDonald's di Ho Chi Minh City menandai lokasi gerai ke-100 di Asia dan negara ke-120 yang diinvasi oleh raksasa fastfood ini. Pihak perusahaan menyambut baik dibukanya cabang pertama di Vietnam dan CEO Don Thompson mengaku kalau Vietnam sudah menjadi negara yang diincar untuk pembukaan cabang baru. "Saya jelas melihat adanya permintaan besar dari konsumen di sana," ujar Thompson kepada media Fortune. McDonald's sedang menghadapi masalah penjualan di kandangnya sendiri, Amerika Serikat, sejak akhir tahun lalu. Penjualan per toko menurun selama tiga bulan berturut-turut sampai Januari 2014 dan jumlah konsumen setianya juga berkurang. Perusahaan kini lebih mengandalkan penghasilan dari luar negeri, di mana pangsa pasar internasional berkontribusi 68% terhadap total pemasukan bisnisnya (data 2012). Negara-negara terakhir yang 'dijajah' oleh McDonald's sebelum Vietnam adalah Bosnia-Herzegovina dan Trinidad and Tobago pada tahun 2011 silam. Don Thompson mengaku tidak mengubah strategi pemasaran produknya secara internasional walaupun McDonald's kini memang membuka peluang pembukaan cabang baru di negara-negara dunia ke-tiga seperti Kamboja, Bangladesh atau Laos. Restoran McDonald's pertama di Vietnam memiliki 350 kursi dan dibuka selama 24 jam. Gerai pertama ini juga dilengkapi fasilitas drive through yang tidak hanya ditujukan bagi pengguna mobil, namun juga untuk pengguna motor, yang jumlahnya memang sangat besar di ibukota Hanoi.
[Harga saham McDonald's (NYSE:MCD) ditutup pada level $94.86 atau melemah 1.11% di sesi perdagangan hari Senin (10/02)] (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search