Robot Milik Google Menangkan Kontes yang Diadakan Pentagon

Robot Milik Google Menangkan Kontes yang Diadakan Pentagon

Selasa, 24 Desember 2013 11:01:30 WIB

Monexnews - Google benar-benar membuktikan keseriusannya dalam mengembangkan teknologi robot, khususnya untuk kepentingan keamanan nasional. Dalam kontes yang diadakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, robot buatan anak usaha Google mencatatkan hasil uji yang memuaskan. Pihak Pentagon menggelar kontes untuk mencari developer yang mampu menciptakan robot dengan kemampuan untuk membantu manusia dalam kondisi kritis seperti perang dan bencana alam. Pemenang dari ajang ini nantinya berhak atas pendanaan pemerintah dan konon bisa mendapat proyek pertahanan nasional Amerika. Sebanyak 16 tim berlomba di lintasan Nascar, Miami Selatan, yang disulap menjadi kamp oleh panitia. Semua robot peserta dituntut untuk mampu melewati delapan tahap pengujian, mulai dari membuka pintu sampai mengendarai mobil. Robot buatan developer yang baru saja diakuisisi oleh Google, Schaft, memimpin kontes dengan raihan 27 dari 32 poin yang tersedia. Bersama dengan tujuh pemenang lainnya, Schaft berhak atas pendanaan senilai maksimal $1 juta untuk pengembangan. Kemudian pada kompetisi final tahun depan, mereka akan berlomba lagi untuk mendapatkan hadiah $2 juta. Pentagon mengadakan kontes untuk merangsang lahirnya inovasi baru di industri robot, khususnya untuk keperluan darurat. Ide ini muncul berkat inspirasi dari bencana alam dan radiasi nuklir di Fukushima Jepang, di mana tim penyelamat tidak bisa masuk ke lokasi reaktor untuk mencegah kebocoran nuklir. Padahal jika penyemprotan bisa dilakukan secara dini, jumlah kerugian dan korban jiwa bisa lebih diminimalisasi. Berikut adalah hasil klasemen kontes robot yang diadakan oleh Pentagon dan poinnya masing-masing: SCHAFT 27, IHMC ROBOTICS 20, TARTAN RESCUE 18, MIT 16, ROBOSIMIAN 14, TRACLABS 11, WRECS 11, TROOPER 9, THOR 8, VIGIR 8, KAIST 8, HKU 3, DRC-HUBO 3, CHIRON 0, NASA-JSC 0, MOJAVATON 0.
*Harga
saham Google (GOOG) ditutup pada posisi $1,113.50 pada sesi perdagangan Senin (23/12) atau turun 0.14% dari level pembukaan. (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search